Tilang Elektronik di Jatim Belum Bisa Diterapkan Lagi

Kompas.com - 27/06/2020, 12:41 WIB
Kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAKamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***
Penulis Ari Purnomo
|

SURABAYA, KOMPAS.com - Penerapan kembali Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) atau tilang elektronik di wilayah Jawa Timur (Jatim), belum bisa dilakukan.

Salah satu kendalanya, karena dengan kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini masih banyak persiapan yang perlu dilakukan.

Hal ini untuk memastikan bahwa kebijakan pemberlakuan tilang elektronik tersebut sekaligus bisa menghindari adanya kerumunan massa dan mencegah penyebaran virus Corona.

Wadirlantas Polda Jatim AKBP Pranatal Hutajulu mengatakan, untuk saat ini rencana penerapan tilang elektronik masih dalam tahap koordinasi dengan instansi terkait.

Baca juga: Begini Cara Benar Atur Tekanan Udara Ban Mobil

“ETLE masih dalam tahap koordinasi antar instansi, termasuk juga penyiapan protokol Covid-19 di gedung isola (tempat pengurusan tilang),” ujarnya kepada Kompas.com beberapa hari lalu.

Sosialisasi penerapan ETLE oleh Ditlantas Polda Metro Jaya di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020)KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI Sosialisasi penerapan ETLE oleh Ditlantas Polda Metro Jaya di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020)

Dengan kondisi menuju new normal, Pranatal mengatakan, perlakuannya juga tidak akan sama seperti penerapan ETLE sebelumnya.

Protokol kesehatan juga wajib diterapkan untuk menghindar terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Salah satunya adalah membatasi jumlah pelanggaran ETLE yang ditangani kepolisian setiap harinya.

“Nanti akan dibatasi setiap harinya berapa yang akan ditangani, agar tidak terlalu banyak,” katanya.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Ban Kelebihan atau Kekurangan Tekanan Udara?

Dengan berbagai tahapan ini, Pranatal pun belum bisa memastikan, kapan tilang elektronik akan berlaku kembali di wilayah Jatim.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X