Catat Kelebihan dan Kekurangan Lampu Depan Bercahaya Putih

Kompas.com - 27/06/2020, 10:02 WIB
Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Lampu depan semua LED. Febri Ardani/KompasOtomotifGenerasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Lampu depan semua LED.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak kendaraan zaman sekarang sudah dilengkapi dengan lampu LED. Lampu tersebut pada umumnya menghasilkan cahaya putih. Berbeda dengan bohlam yang pada umumnya punya pancaran cahaya agak menguning.

Tak sedikit pemilik kendaraan yang masih menggunakan bohlam warna kuning ingin mengganti lampu utamanya dengan cahaya putih. Namun, ada baiknya simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan lampu dengan cahaya putih.

Baca juga: Apa Betul Lampu LED Mobil Sulit Menembus Kabut?

" Lampu LED dengan cahaya putih itu lebih terang dan lwbih fokua. Selain itu, dari segi tampilan, jadi terlihat elegan," ujar Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi lampu LED saat hujan Ilustrasi lampu LED saat hujan

Sedangkan untuk kekurangannya, LED memang tidak begitu baik saat dihadapkan dengan kondisi jalan berkabut atau hujan. Pancaran sinar cenderung kalah dengan lingkungan sekitarnya.

Yomin Sugianto, punggawa Yoong Motor, mengatakan, sebaiknya menggunakan lampu halogen atau bohlam berwarna kuning.

"Kalau pakai yang warna putih, nanti malah akan memantul. Cahayanya tidak bisa tembus," ujar pria yang akrab disapa Koh Yoong tersebut.

Baca juga: Hati-hati, Jangan Asal Ganti Lampu LED Motor

Intensitas cahaya berwarna putih pada lampu LED dengan Kelvin tinggi memang kencang saat cuaca cerah. Namun, saat berhadapan dengan kabut, cahaya yang dihasilkan tidak maksimal atau bahkan kalah.

Selain itu, lampu LED punya harga yang fantastis. Sebab, berbeda dengan bohlam, untuk penggantiannya harus satu set berikut reflektornya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X