Begini Cara Benar Atur Tekanan Udara Ban Mobil

Kompas.com - 26/06/2020, 14:02 WIB
Ilustrasi cek tekanan udara pada ban americatop10.comIlustrasi cek tekanan udara pada ban
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga tekanan udara pada ban mobil memang terkesan sepele, dan sering diabaikan oleh para pemilik kendaraan roda empat.

Padahal, tekanan udara di dalam karet pembungkus pelek ini harus dijaga dan disesuaikan dengan kondisi beban kendaraan.

Termasuk juga menyesuaikan dengan jumlah penumpang kendaraan roda empat tersebut. Hal ini karena, beda beban kendaraan maka tekanan udara ban juga berbeda.

Penyesuaian tekanan udara ini memiliki fungsi yang cukup banyak. Mulai dari tingkat kenyamanan kendaraan saat dikendarai hingga memaksimalkan fungsi pengereman.

Baca juga: Saat Mobil Pecah Ban Jangan Panik, Begini Cara Antisipasinya

Untuk itu, para pemilik kendaraan disarankan untuk selalu mengecek tekanan udara sebelum menggunakan kendaraannya.

Jika masih bingung mengenai berapa tekanan udara yang sesuai, pemilik mobil bisa melihat langsung di placard atau stiker yang biasanya dipasang di daun pintu.

tekanan udara banKompas.com/Fathan Radityasani tekanan udara ban

Pada stiker tersebut dijelaskan berapa tekanan udara untuk setiap bannya, baik saat kendaraan dalam kondisi kosong maupun membawa beban penumpang.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, perbedaan tekanan udara ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi ban ketika mobil kosong ataupun terisi penuh.

“Kalau kendaraan kosong, tidak perlu tekanan udara yang tinggi pada ban agar nyaman, tidak terlalu keras, keausan ban baik, dan fungsi rem optimum,” ujar Zulpata kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai Ban Bisa Kempis, Ini Sebabnya

Zulpata menambahkan, jika kendaraan membawa muatan penuh maka tekanan udara ban juga harus disesuaikan agar ban bekerja maksimal.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X