Komponen Lampu Motor Zaman Now Mahal, Tembus Jutaan Rupiah

Kompas.com - 27/06/2020, 09:22 WIB
Pilihan motor sport 150-200 cc memberikan diskon yang menarik selama Telkomsel IIMS 2019 Kompas.com/DonnyPilihan motor sport 150-200 cc memberikan diskon yang menarik selama Telkomsel IIMS 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor zaman now sudah lebih canggih teknologinya seiring perkembangan generasi. Salah satunya yang paling mudah diperhatikan, adalah penggunaan lampu utama yang sudah LED.

Lampu LED diklaim jauh lebih awet dari lampu bohlam. Selain lebih awet, tapi juga lebih hemat listrik. Namun, meski dianggap lebih canggih, harga komponen subtitusi alias pengganti lampu ini relatif mahal, tembus jutaan rupiah, jauh dibandingkan bohlam yang paling tinggi banderolnya ratusan ribu rupiah saja.

Baca juga: Hati-hati, Jangan Asal Ganti Lampu LED Motor

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, sebenarnya lampu LED lebih murah. Sebab, bisa dibilang tingkat keawetannya luar biasa.

Lampu depan LED Yamaha Mio S.Ghulam/KompasOtomotif Lampu depan LED Yamaha Mio S.

"Sampai saat ini, di bengkel kami pun belum ada penggantian lampu (LED) tersebut karena rusak atau mati. Namun, karena pecah akibat kecelakaan," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Lampu depan skutik Honda harganya cukup luar biasa. Untuk PCX 150, harganya Rp 2.650.000. Lalu, New Vario 125 dan 150, harganya Rp 1.040.000.

Sedangkan untuk motor sport 250 cc, CBR250RR, harga lampu depannya Rp 2.750.000. Lalu, CBR150R, harganya Rp 2.400.000.

Baca juga: Modifikasi Lampu Depan Motor, Jangan Bikin Silau Orang Lain

Lampu LED orisinal dibanderol mahal, karena penggantiannya harus satu set dengan reflektornya. Maka itu, harganya cukup fantastis.

"Kalau yang asli memang satu set. Bahan untuk membuat LED juga lebih mahal. Selain itu, kualitasnya serta tahan lama, otomatis juga akan lebih mahal," kata Wahyudi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X