Hati-hati, Jangan Asal Ganti Lampu LED Motor

Kompas.com - 19/05/2020, 11:12 WIB
Honda Genio Foto: Bayu NurpatriaHonda Genio

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagian besar lampu utama motor saat ini sudah menggunakan teknologi LED dari yang sebelumnya hanya bohlam. Lampu yang digunakan juga berwarna putih agar semakin terlihat modern.

Namun jika merasa masih kurang terang, bisa melakukan penambahan lampu ataupun mengganti LED standar dengan yang aftermarket.

Bagaimana dari sisi keamanan penggantian atau penambahan lampu bagi motor standar?

Baca juga: Catat, Tutorial Urus Izin Keluar-Masuk DKI Jakarta

Yamaha NMAX 155 Connected/ABSKompas.com/Donny Yamaha NMAX 155 Connected/ABS

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan kalau mengganti LED standar dengan yang aftermarket, butuh keahlian dan harus memikirkan sistem pengisiannya.

“Bongkar head lamp dan ganti atau tambah LED, saya merasa cukup sulit untuk melakukannya. Kalau pun sudah diganti atau ditambah, harus dipikirkan juga sistem pengisian untuk akinya,” ucap Endro kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bamsoet Usul Pembeli Gesits Rp 2,55 Miliar Bisa Test Ride di Istana

Ketika mengganti atau menambah lampu LED, berarti Watt dari lampunya akan lebih besar dibanding yang standar sehingga beban aki juga ikut bertambah.

“Efek dari aki yang terlalu terbebani, umur baterai jadi berkurang, lebih cepat habis,” ucap Endro.

Endro juga menambahkan, ketika bongkar pasang head lamp, bisa mengakibatkan penutup mika lampu tidak rapat. Jika terjadi, bisa menyebabkan pengembunan dan paling parah terjadinya konsleting pada lampu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X