Kelemahan dan Kelebihan Lampu Motor Cahaya Kuning

Kompas.com - 26/06/2020, 14:22 WIB
Lampu motor Foto: IstimewaLampu motor
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor standar pabrik yang masih memakai bohlam dan belum menggunakan lampu LED biasanya masih memiliki pendar cahaya kekuningan.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, di lihat dari kacamata safety riding, pendar lampu kekuningan punya keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Baca juga: Jangan Asal Ganti Lampu Motor, Pahami Dulu Aturannya

"Untuk lampu kekuningan kelebihannya adalah dapat menembus cahaya saat melewati jalan berkabut sehingga kita menjadi lebih aman, beda dengan lampu berwarna putih yang tidak dapat menembus saat cuaca kabut," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Yamaha NMAX 155 Connected/ABSKompas.com/Donny Yamaha NMAX 155 Connected/ABS

Adapun kekurangannya, intensitas lampu kekuningan biasanya kurang terang dibandingkan dengan lampu berwarna putih. Karena itu tak sedikit, pengguna motor mengganti lampu dengan HID atau LED agar lebih terang.

Baca juga: Di Rumah Aja, Bisa Bersihkan Mika Lampu Motor Pakai Pasta Gigi

Marco, Koordinator Autovision, mengatakan, cahaya putih memang bisa membuat tampilan kendaraan terlihat mewah, tapi lemah untuk menembus derasnya guyuran hujan dan kabut.
Efeknya, visibilitas pengendara pun akan menurun drastis yang membuat pandangan menjadi silau.

"Sifat buruk dari cahaya putih yang terlalu besar bisa memantulkan pancaran seperti cermin. Saat sedang diguyur hujan atau kabut, cahaya tersebut justru mantul ke arah pengendara yang bikin visibilitas menjadi tidak jelas karena silau," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X