Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kelemahan dan Kelebihan Lampu Motor Cahaya Kuning

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor standar pabrik yang masih memakai bohlam dan belum menggunakan lampu LED biasanya masih memiliki pendar cahaya kekuningan.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, di lihat dari kacamata safety riding, pendar lampu kekuningan punya keunggulan dan kelemahan tersendiri.

"Untuk lampu kekuningan kelebihannya adalah dapat menembus cahaya saat melewati jalan berkabut sehingga kita menjadi lebih aman, beda dengan lampu berwarna putih yang tidak dapat menembus saat cuaca kabut," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Adapun kekurangannya, intensitas lampu kekuningan biasanya kurang terang dibandingkan dengan lampu berwarna putih. Karena itu tak sedikit, pengguna motor mengganti lampu dengan HID atau LED agar lebih terang.

Marco, Koordinator Autovision, mengatakan, cahaya putih memang bisa membuat tampilan kendaraan terlihat mewah, tapi lemah untuk menembus derasnya guyuran hujan dan kabut.
Efeknya, visibilitas pengendara pun akan menurun drastis yang membuat pandangan menjadi silau.

"Sifat buruk dari cahaya putih yang terlalu besar bisa memantulkan pancaran seperti cermin. Saat sedang diguyur hujan atau kabut, cahaya tersebut justru mantul ke arah pengendara yang bikin visibilitas menjadi tidak jelas karena silau," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/26/142200215/kelemahan-dan-kelebihan-lampu-motor-cahaya-kuning

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke