Kenali Ragam Sistem Penggerak pada Mobil

Kompas.com - 26/06/2020, 13:22 WIB
Sistem penggerak BMW Seri-3 Hibrida Plug in. BMWSistem penggerak BMW Seri-3 Hibrida Plug in.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kendaraan memiliki konstruksi yang berbeda, terkait dengan cara memposisikan mesin, ataupun menggerakkan rodanya. Meski demikian, perbedaan tersebut memiliki tujuan masing-masing.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, mengatakan, saat ini sistem penggerak yang lazim digunakan adalah Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD), Four Wheel Drive ( 4WD) dan All Wheel Drive ( AWD), 

Baca juga: Daihatsu Goda Konsumen Lewat Festival Virtual

1. Front Wheel Drive (FWD)

“FWD adalah mobil dengan penggerak roda dua yang menggunakan roda depan sebagai penggeraknya,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Sistem penggerak roda depan (FWD) umumnya dikombinasikan dengan mesin depan yang melintang.

Honda Jazz Tipe S sudah mengemban banyak fitur.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda Jazz Tipe S sudah mengemban banyak fitur.

Kelemahan konfigurasi ini ada pada kekuatan as penggerak karena fungsi ganda yang harus ditanggung oleh roda depan, yaitu sebagai roda penggerak sekaligus sebagai kemudi yang mengendalikan arah kendaraan.

Selain itu gejala underseer menjadi ciri khas mobil dengan sistem penggerak FWD, ini disebabkan karena bobot kendaraan yang cenderung terpusat di depan.

Hampir semua jenis mobil mulai dari city car, hatchback, sedan sampai SUV dan MPV menggunakan sistem penggerak ini. Sebagai contoh, Mitsubishi Xpander, Honda Jazz dan Nissan Livina.

Baca juga: Alasan Hanya Motor yang Wajib Nyalakan Lampu Utama di Siang Hari

2. Rear Wheel Drive

RWD adalah mobil dengan penggerak roda dua yang menggunakan roda belakang sebagai penggeraknya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X