2 Aturan Jika Ingin Buka Pasang Busi Motor

Kompas.com - 22/06/2020, 18:21 WIB
Ilustrasi kencangkan busi naikmotor.comIlustrasi kencangkan busi
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Buka pasang busi sepeda motor bisa disebut hal sepele, siapapun bisa. Meski demikian tetap ada aturan standar jika ingin melepas dan memasang busi.

Venus Adha, Head Training Center Wahana, Main Dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, jika membuka pasang busi yaitu pastikan mesin dalam keadaan dingin.

"Pembukaan busi sebaiknya dilakukan pada saat mesin dingin," kata Adha kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Jokowi Ulang Tahun, Intip Ini Koleksi Motor Kustom Miliknya

Adha menjelaskan, tidak disarankan membuka busi saat mesin masih panas karena saat panas logam memuai. Ditakutkan jika sering dilakukan dapat membuat drat menjadi rusak.

Busi motor Injeksizona435412 Busi motor Injeksi

Kedua, saat ingin memasang busi baiknya gunakan tangan. Rasakan drat busi dan drat mesin dalam kondisi yang pas. Baru kemudian kencangkan pakai kunci busi.

"Pada saat awal pemasangan gunakan tangan terlebih dahulu. Apabila dirasa sudah dalam posisi yang benar, dapat dilanjutkan dengan menggunakan kunci busi," katanya.

Baca juga: Begini Cara Benar Mengendarai Motor Matik di Jalan Menurun

Yoga, mekanik bengkel servis umum di Rempoa, Tangerang Selatan menambahkan, jika langsung dipasang menggunakan kunci padahal posisi busi tidak tepat, bisa mengikis alur baut yang terdapat di silinder head.

"Kalau masangnya tidak tepat bikin longgar lubang di silinder head. Kalau sudah rusak, saat motor dipakai lama, mesin panas, businya bisa mencelat dari lubangnya," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X