Kata Mitsubishi Soal Recall Masalah Pompa Bensin Xpander

Kompas.com - 22/06/2020, 15:53 WIB
Mitsubishi masih pertahankan harga Xpander sampai akhir 2017. MMKSIMitsubishi masih pertahankan harga Xpander sampai akhir 2017.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 139.111 unit Xpander di Indonesia terkena dampak recall akibat masalah pompa bensin alias fuel pump. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah mengumumkan akan melakukan kampanye perbaikan.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan, masalah pada pompa bensin yang berada di dalam tangki Xpander diketahui dapat membuat berhenti beroperasi. Akibatnya berpotensi membuat mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja.

Kemungkinan penyebabnya adalah impeller yang memuai dan berubah bentuk, kemudian bergesekan dengan bagian di sekitarnya, sehingga impeller tersebut berhenti berputar.

Baca juga: Susul Xpander, Nissan Juga Recall 9.000 Unit Livina di Indonesia

Nah, bagi pemilik Xpander lansiran 2017 hingga 2019, penting untuk mengetahui masalah ini untuk mengantisipasi soal gejala kerusakan pada fuel pump tersebut.

"Indikasinya ialah ketika fuel pump di dalam tangki berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja," ucap Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Service PT MMKSI, kepada Kompas.com, Senin (22/6/2020).

Ilustrasi fuel pump Xpander yang bermasalahMMKSI Ilustrasi fuel pump Xpander yang bermasalah

Namun demikian, Hamazaki mengatakan, meskipun Xpander milik konsumen tidak menunjukkan gejala apapun, ada baiknya tetap membawa kendaraan ke jaringan diler Mitsubishi. Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan dan kenyamanan berkendaraan.

"Kampanye perbaikan diselenggarakan untuk seluruh konsumen Xpander dengan tahun produksi dari 2018 hingga 2019 dan periode produksi pada 11 Oktober 2017 sampai 31 Agustus 2019," ucap Hamazaki.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia Recall Ratusan Ribu Unit Xpander, Apa Masalahnya?

Sementara ketika ditanya soal berapa estimasi dana yang digelontorkan MMKSI untuk membuat kampanye perbaikan pada masalah fule pump ribuan Xpander tersebut, Hamazaki enggan untuk membeberkan jumlahnya.

Menjalani tes tak resmi Mitsubishi Xpander, Jakarta-Lampung, Minggu (19/11/2017).Jerry Arman/MMKSI Menjalani tes tak resmi Mitsubishi Xpander, Jakarta-Lampung, Minggu (19/11/2017).

Hamazaki hanya mengatakan bila Mitsubishi berupaya mengedepankan kenyamanan dan keamanan konsumen. Dengan demikian, masalah biaya yang dikeluarkan tidak bisa dibandingkan dengan keselamatan ribuan konsumen Mitsubishi.

Bisa Di Rumah

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X