Jajal Manuver Suzuki Ignis 2020 di Dalam Kota

Kompas.com - 15/06/2020, 16:41 WIB
Suzuki Ignis facelift KOMPAS.com/SETYO ADISuzuki Ignis facelift
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selesai membahas ekterior dan interior, giliran sediki mengulik soal urusan dapur pacunya. Lantaran hanya berstatus facelift, otomatis soal performa pun tak ada yang berubah dibandingkan model sebelumnya.

Suzuki masih memasarkan Ignis dengan mesin 4 silinder berkubikasi 1.200 cc dengan kode K12M. Berdasarkan informasi di atas kertas, tenaga yang dihasilkan mencapai 85 tk pada 6.000 rpm, sementara torsinya 113 Nm di putaran 4.200 rpm.

Mengusung sistem transmisi Auto Gear Shift (AGS) lima percepatan, Ignis di dklaim cukup mudah untuk digunakan.

Sekadar informasi, AGS sendiri merupakan pengembangan dari transmisi manual yang cara kerja koplingnya digantikan aktuator hidrolik.

Baca juga: Cari SUV Murah, Diskon Suzuki XL7 Tembus Rp 15 Juta

Suzuki Ignis faceliftKOMPAS.com/SETYO ADI Suzuki Ignis facelift

Sistem AGS yang sama dengan AMT ini terdapat model aktuator yang dikendalikan secara elektrik. Sementara untuk perpindahan giginya diatur melalui sensor dan dioperasikan oleh Transmission Control Module (TCM).

Buat yang sering menjajal sistem transmisi matik konvensional, tentu akan merasa asing saat mencoba Ignis AGS.

Suzuki Ignis faceliftKOMPAS.com/SETYO ADI Suzuki Ignis facelift

Hal tersebut cukup wajar mengingat cara kerjanya yang berbeda, karena itu disarankan perlu ada adaptasi sebelum menjajalnya, apalagi tidak terdapat indikator P (Parking) pada tuas transmisinya.

Setelah mesin hidup, kami pun langsung mengajak Ignis berjalan. Ketika berada di jalan arteri yang rawan dengan volume lalu lintas, Ignis ternyata cukup asik untuk dikendarai.

Baca juga: Kapan Suzuki Ignis Facelift Versi Sport Meluncur?


Kemudi yang telah mengusung electronic power steering memberikan kemudahan kendali bagi siapa pun yang mengendarainya, termasuk kamu hawa.

Tak butuh banyak tenaga untuk memutar setir saat melakukan manuver, bagitu juga ketika akan menyalip kendaraan lain dan melakukan u-turn.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X