Mal Kembali Dibuka, Begini Cara Parkir Mobil yang Aman di Basement

Kompas.com - 15/06/2020, 15:01 WIB
Ilustrasi parkir mobil basement aceh.tribunnews.comIlustrasi parkir mobil basement
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah ditutup beberapa bulan karena pandemi virus corona, sekitar 80 mal di Jakarta kembali dibuka pada Senin 15 Juni 2020.

Meski diperbolehkan, pengelola dan pengunjung mal wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari penyebaran virus.

Bagi Anda yang sudah berniat mendatangi pusat perbelanjaan dengan mobil, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Terutama saat parkir di area basement.

Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, cara paling awal adalah dengan menyalakan lampu utama saat masuk basement, baik itu siang atapun malam hari.

Baca juga: Mengenal Diesel Runaway, Mimpi Buruk buat Pemilik Mobil Diesel

pengunjung PIM berbaris di depan Lobi mal, Senin (15/6/2020)KOMPAS.COM/WALDA MARISON pengunjung PIM berbaris di depan Lobi mal, Senin (15/6/2020)

“Menyalakan lampu tidak hanya memudahkan Anda melihat kondisi di dalam basement, tapi juga membantu mobil agar terlihat pengendara maupun orang lain yang berada di sana,” ucap Jusri, kepada Kompas.com belum lama ini.

Selanjutnya, Anda bisa menjalankan mobil secara perlahan. Cara ini dilakukan agar Anda bisa dengan mudah menghentikan mobil, jika ada kendaraan yang tiba-tiba keluar dari ruang parkirnya.

“Umumnya lantai parkir basement menggunakan bahan cor halus atau keramik yang licin, dengan berjalan pelan kita bisa lebih mudah untuk menghentikan mobil,” kata Jusri.

Baca juga: Mulai Rp 220 Jutaan, Ini Daftar Harga Daihatsu Rocky

Aktivitas anggota Indonesia Mini Club (IMC) pada hari jadi ke-8 di area parkir gedung A Gelora Bung Karno,  Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2/2020). Genap 8 tahun klub mini terbesar di Indonesia rayakan dengan konvoi dari Senayan ke Serpong.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Aktivitas anggota Indonesia Mini Club (IMC) pada hari jadi ke-8 di area parkir gedung A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2/2020). Genap 8 tahun klub mini terbesar di Indonesia rayakan dengan konvoi dari Senayan ke Serpong.

Saat melakukan manuver, ada baiknya sambil membuka kaca sebelah kanan atau kiri untuk mendapatkan pandangan kaca spion yang lebih terang. Apalagi jika mobil Anda menggunakan kaca film yang lebih gelap.

“Dengan membuka kaca, kita bisa melihat lebih jelas jika ada orang yang berjalan di sekitar mobil,” ucap Jusri.

“Matikan juga radio atau pemutar musik agar Anda lebih berkonsentrasi. Atau lebih mudah mendengar aba-aba juru parkir jika ada,” tuturnya.

Baca juga: Corolla Cross Siap Meluncur, Harga Bekas Corolla Altis Rp 65 Jutaan

basement Trans Studio Mall Cibubur digenangi air, Minggu (22/12/2019)KOMPAS.COM/WALDA MARISON basement Trans Studio Mall Cibubur digenangi air, Minggu (22/12/2019)

Jusri juga mengatakan, untuk menghindari parkir di dekat tikungan atau ramp turun. Selain itu jangan lupa foto lokasi parkir Anda, agar tidak lupa atau kebingungan saat kembali ke mobil setelah selesai dari mal.

“Saat mobil mengerem di jalan yang licin, kemungkinan mobil mengalami melintir dan menyebabkan kecelakaan lebih besar,” katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X