BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota

Mana Lebih Penting saat Berkendara Mobil, Keamanan atau Kenyamanan?

Kompas.com - 15/06/2020, 15:12 WIB
Toyota New Alphard DOK. TOYOTAToyota New Alphard
|

KOMPAS.com – Untuk menemani mobilitas masyarakat yang kian padat, mobil pribadi jadi salah satu moda transportasi favorit.

Terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini, mobil pribadi dinilai punya kelebihan untuk menjalankan protokol kesehatan new normal atau tatanan kenormalan baru.

Selain itu, saat ini juga tersedia opsi tipe mobil yang bisa dipilih, ada sport utility vehicle (SUV), city car, atau bahkan multi-purpose vehicle (MPV). Masyarakat bebas memilih mobil yang ingin dimiliki, tergantung spesifikasi dan harga sesuai kebutuhan.

Namun di balik banyaknya pilihan tipe mobil, ada dua hal utama yang wajib diperhatikan, yakni terkait keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Untuk itu, Anda harus selalu memastikan apakah mobil yang hendak dibeli punya fitur keselamatan dan kenyamanan mumpuni atau tidak. Kedua faktor tersebut seakan melengkapi satu sama lain dan tidak bisa diabaikan begitu saja.

Fitur keselamatan

Pada era yang semakin modern ini, tentu sudah banyak produsen mobil yang memperhatikan betul fitur keselamatan pada produksi mobilnya. Pasalnya, semakin banyak konsumen yang memiliki concern utama akan bagian keamanan ini.

Ambil contoh produsen Toyota New Alphard. Mobil premium dan digadang-gadang terpopuler di segmen MPV kelas atas ini ternyata memperhatikan betul ragam fitur keselamatan. Dengan istilah Toyota Safety Sense, mobil ini dapat menghadirkan keselamatan berkendara standar tinggi.

Toyota New AlphardDOK. TOYOTA Toyota New Alphard

Pertama, ada fitur Pre-Collision System (PCS). Pengguna New Alphard kini mendapat perlindungan penuh dari sistem radar yang terintegrasi dan bisa memberikan peringatan melalui audio serta visual terhadap potensi terjadinya benturan.

Fitur PCS pun dapat secara otomatis mengurangi kecepatan sehingga risiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.

Kedua, penggunaan fitur Lane Departure Alert (LDA). Fitur ini akan membantu pengemudi menghindari kecelakaan karena secara otomatis bisa memberi peringatan ketika kendaraan keluar dari jalur pada saat berkendara.

Ketiga, fitur Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) yang dapat membantu pengendara memantau keberadaan kendaraan lain yang ada di depan dan menjaga jarak aman.

Kendaraan juga secara otomatis akan mengurangi kecepatan, bahkan melakukan pengereman jika radar menunjukkan jarak dengan kendaraan lain sudah tidak aman.

Keempat, fitur Automatic High Beam (AHB) akan membantu pengemudi dalam perjalanan di malam hari.

Fitur ini dapat mendeteksi kendaraan dari depan dan secara otomatis akan mengurangi pencahayaan pada lampu jauh. Lampu akan kembali menyala normal jika kendaraan dari depan sudah lewat.

Kelima, New Alphard kini dilengkapi pula dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang akan memberi peringatan bila tekanan ban rendah.

Fitur TPMS akan sangat membantu pengguna untuk mempertahankan kenyamanan kendaraan dan juga mengurangi dampak buruk yang mungkin terjadi pada ban serta velg jika tekanan ban rendah.

Keenam, Toyota juga meningkatkan penggunaan Intelligent Clearance Sonar (ICS) yang semula hanya menggunakan enam titik yaitu dua di depan dan empat di belakang menjadi delapan titik yaitu empat di depan dan empat di belakang.

Fungsi fitur ICS ini akan mendeteksi objek di sekitar kendaraan dan memberikan alarm suara ketika objek terlalu dekat. Fitur ini akan sangat membantu pengemudi saat parkir di ruang yang sempit.

Fitur kenyamanan

Tak hanya fitur keselamatan saja yang menjadi perhatian khusus, Toyota juga memperhatikan ragam fitur kenyamanan pada New Alphard agar pengemudi dan penumpang semakin kerasan.

Untuk semakin meningkatkan kenyamanan, Toyota melakukan improvement pada fitur Audio Head Unit (AHU) dan Rear Seat Entertainment (RSE).

Jika sebelumnya AHU menggunakan layar monitor dengan lebar 8 inci, kini menggunakan layar 9 inci untuk varian 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HEV.

Sementara varian 3.5 Q menggunakan layar berukuran 10,5 inci sedangkan layar RSE yang sebelumnya 10 inci menjadi 13 inci, bahkan varian 3.5 Q menggunakan layar 13,3 inci.

Toyota New AlphardDOK. TOYOTA Toyota New Alphard

Di samping itu, untuk melengkapi kenyamanan plus keamanan, Inside Rear View Mirror milik New Alphard kini menggunakan teknologi Electric Mirror Gen 2 dengan jangkauan monitor yang lebih luas dan resolusi yang lebih tinggi.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, faktor keselamatan dan kenyamanan merupakan hal yang selalu menjadi perhatian utama Toyota sehingga secara terus-menerus melakukan improvement.

“Berbagai improvement ini kami hadirkan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan yang lebih tinggi, sekaligus memberikan nilai Total Ownership Experience yang lebih menguntungkan kepada pelanggan New Alphard,” kata Anton melalui rilis yang Kompas.com terima, Senin (8/6/2020).

Dengan demikian, bisa dibilang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara memiliki porsi yang sama pentingnya. Sebab, tanpa adanya fitur keselamatan dalam berkendara, nyawa bisa jadi taruhannya bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan di jalan raya.

Begitu juga dengan fitur kenyamanan, fungsinya vital untuk membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya