Ini Penyebab Banyak Pengguna Kendaraan Tak Tertib Aturan

Kompas.com - 13/06/2020, 15:53 WIB
terobos lampu merah Kompas.com/Fathan Radityasaniterobos lampu merah

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan raya merupakan ruang publik, bisa digunakan oleh berbagai macam orang. Pengguna jalan di Indonesia ada saja yang tidak tertib dengan aturan, apalagi jika tidak ada yang mengawasi seperti misalnya Polisi.

Banyak pengemudi atau pengguna sepeda motor yang hanya bisa mengendarai kendaraannya, namun tidak mengerti dari adanya peraturan yang dibuat.

Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, kurangnya edukasi tentang aturan yang ada membuat pengguna jalan hanya tertib jika ada Polisi yang mengawasi di jalan.

Baca juga: Sudah Tahu Fungsi Tonjolan Hitam di Bagian Belakang CVT Skutik?

Pengendara melanggar jalur sepeda di lampu merah perempatan, Velodrome, Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Rabu (20/11/2019).KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI Pengendara melanggar jalur sepeda di lampu merah perempatan, Velodrome, Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Rabu (20/11/2019).

“Berbeda dengan di negara lain, diberikan pelatihan tentang aturan yang dibuat. Jadi mereka mengerti kalau aturan dibuat bukan sekadar untuk mengatur, tapi ada kepentingan bersama jika tertib aturan,” Kata Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, masyarakat Indonesia sebenarnya tahu adanya aturan, namun edukasi soal aturan itu sendiri masih kurang. Sehingga orang Indonesia menganggap aturan hanya berlaku jika ada Polisi di sekitarnya.

Baca juga: Cara Honda Goda Konsumen via Digital

“Jalan raya adalah ruang publik dengan segala komponennya yang sangat beragam. Semua karakter dari manusia ada di jalan raya. Kalau tidak tertib akan mudah terjadi konflik seperti tabrakan,” ucap Jusri.

Jusri juga menambahkan, pengguna jalan yang tidak tertib sebenarnya tidak berfikir kalau mereka itu rentan. Karena banyaknya karakter pengguna jalan, kecelakaan sangat mudah terjadi di jalan raya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.