Ingat, Bikin SIM Gratis Kuotanya Terbatas

Kompas.com - 13/06/2020, 15:02 WIB
Antrean pemohon SIM yang akan mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi di Solo membludak, Senin (9/3/2020). Ari PurnomoAntrean pemohon SIM yang akan mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi di Solo membludak, Senin (9/3/2020).
Penulis Ari Purnomo
|

SURABAYA, KOMPAS.com - Polri akan memberikan program pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis, pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara pada 1 Juli 2020.

Tetapi, program ini tidak berlaku secara umum melainkan hanya pemohon yang memiliki kriteria tertentu saja.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jawa Timur (Jatim) AKBP Adhitya Panji mengatakan, syarat utamanya adalah pemohon lahir di tanggal yang sama dengan HUT Bhayangkara yakni 1 Juli.

“Syaratnya tanggal lahirnya harus 1 Juli jadi nanti programnya akan digulirkan bertepatan dengan HUT Bhayangkara,” kata Adhitya kepada Kompas.com, Sabtu (13/6/2020).

Baca juga: Catat, Ini Syarat Perpanjangan SIM di Layanan Drive Thru

Untuk persyaratan lainnya, masih kata Adhitya adalah pemohon juga harus melakukan pendaftaran sebagai peserta SIM gratis.

Pendaftaran bisa dilakukan di kantor Satpas SIM Polres setempat sebagai peserta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

pemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020).Ari Purnomo pemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020).

“Tetapi untuk wilayah Jawa Timur saat ini pendaftaran juga belum dibuka, masih dipersiapkan. Kemungkinan pembukaannya baru akan dilakukan dua minggu sebelum pelaksanaan,” katanya.

Kuota pemohon untuk pelayanan SIM gratis ini kata Adhitya juga terbatas. Tetapi, untuk jumlah kuota pemohon pihaknya belum bisa memastikannya karena masih dalam pembahasan.

Dengan adanya pembatasan kuota ini, maka siapa yang melakukan pendaftaran lebih dahulu kemungkinan bisa mengikuti program gratis ini.

Baca juga: Lakukan Ini Saat Motor Injeksi Kehabisan Bensin

“Memang kuotanya dibatasi, kalau tidak takutnya nanti jumlahnya membludak. Kan banyak juga yang lahir pada 1 Juli,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.