Tak Hanya Mobil, Bus Juga Bisa Pakai Partisi

Kompas.com - 12/06/2020, 15:21 WIB
Partisi antar penumpang instagram/ilesbusPartisi antar penumpang

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu karoseri dari Turki, Iles Bus membuat inovasi dengan menambah sekat partisi yang memisahkan antar penumpang. Harapannya agar bisa mengurangi penyebaran virus corona di dalam kabin kendaraan.

Terjadinya penyebaran virus corona atau Covid-19 di berbagai negara memaksa industri karoseri untuk berinovasi. Inovasi yang dilakukan agar memberikan rasa aman pada penumpang untuk bepergian dengan kendaraan umum.

Partisi dipasang diantara penumpang dan di dekat pengemudi. Sepertinya bahan yang digunakan untuk partisi ini yaitu akrilik yang transparan. Lalu bagaimana partisi ini jika dilihat dari sisi kesehatan dan keamanan?

Baca juga: Perpanjang Masa Berlaku SIM Bisa Secara Online, Begini Caranya

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, menggunakan partisi di kabin secara faktor kesehatan merupakan hal yang bagus, namun dari sisi keselamatan harus uji tabrak dahulu.

“Harus dilihat partisinya dari material apa, apakah mudah pecah atau elastis. Selain itu bagaimana kekuatannya menahan beban ketika terjadi benturan,” kata Sony kepada Kompas.com, Jumat (11/6/2020).

Sony juga mengatakan, ketika diuji tabrak, partisi tersebut akan seperti apa, Kalau pecahannya tajam malah bisa berbahaya untuk penumpang. Sedangkan untuk sisi kesehatan, partisi bisa efektif selama penumpang tetap mengikuti protokol kesehatan.

Baca juga: Fortuner 2020 Meluncur di Thailand, Kapan Diproduksi di Indonesia?

“Untuk menambah sisi kesehatan dari kabin kendaraan, seperti disediakan tissue untuk masin-masing penumpang, sehingga ketika batuk atau bersin harus ditutup,” ucap Sony.

Kemudian bisa dilakukan safety induction, seperti yang dilakukan pramugari sebelum pesawat take off. Jadi ada yang mengingatkan untuk menjaga jarak dan apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus selama di kabin kendaraan.

“Ketika di kabin, semaksimal mungkin jangan saling ngobrol antar penumpang. Jadi bisa ditambah fasilitas seperti Wifi atau TV agar penumpang sibuk,” kata dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X