Modifikasi Honda Supra GTR Dicangkok Mesin 250 cc 2-Silinder

Kompas.com - 10/06/2020, 13:42 WIB
Honda Supra GTR 150 menggunakan mesin CBR250RR IstimewaHonda Supra GTR 150 menggunakan mesin CBR250RR

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Supra GTR 150 dibekali dengan mesin 150 cc. Namun, ada saja orang yang belum puas dengan performa mesin tersebut. Untuk menaikkan performanya, Supra GTR ini malah diganti mesinnya.

Affan Fajariyanto, Fandizz Jogja Custom, menuruti keinginan konsumennya. Tidak tanggung-tanggung, Affan langsung mencangkok mesin 250 cc 2-silinder yang diambil dari CBR250RR.

Baca juga: Honda Rilis Bebek Winner X Sport alias Supra GTR Sport

Metode penggantian mesin ini juga biasa disebut swap engine. Affan menyebutkan, proses pengerjaan proyek ini memakan waktu hingga tiga bulan. Proses tersulitnya adalah saat harus mengakali bagian bawah mesin atau bak oli yang terlalu menonjol ke bawah.

Honda Supra GTR 150 menggunakan mesin CBR250RRIstimewa Honda Supra GTR 150 menggunakan mesin CBR250RR

"Kendalanya saat memasang mesin 250 cc 2-silinder tersebut. Bagian bawahnya terlalu menonjol, jadinya jarak terendah ke tanahnya lebih pendek. Saya akali dengan memotong rangkanya. Selain itu, saya beri bracket atau pegangan mesin ke rangka di bagian samping,"

Selain mesin, bagian kaki-kakinya juga diubah semua. Swingarm dan pelek pakai Yamaha R25. Namun, sokbreker depan masih pakai bawaan Supra. Hanya pelek depan sedikit dibubut untuk memasang cakram.

Baca juga: Honda Supra Mulai Dilirik buat Bahan Modifikasi

Affan tidak sekadar memasukkan mesin CBR250RR ke rangka Supra GTR 150. Sebab, menurut Affan, mesin tidak mau hidup jika tidak menggunakan spidometer bawaan CBR250RR.

Honda Supra GTR 150 menggunakan mesin CBR250RRIstimewa Honda Supra GTR 150 menggunakan mesin CBR250RR

"Selain itu, kunci kontaknya juga harus yang orisinil. Jika tidak, mesinnya tidak mau hidup. Mesin CBR ini canggih sekali," kata Affan.

Ada satu komponen lagi yang tidak bisa ditinggalkan, yakni tuas gas. Sebab, motor sport full fairing tersebut sudah dibekali dengan teknologi Ride-by-Wire. Untuk ECU dan kabel bodi, sudah menjadi satu juga dengan bagian mesin.

Baca juga: Honda Supra, Bebek yang Gak Ada Matinya

"Saya sudah pernah mencoba motor ini, bisa lari sampai 140 kilometer per jam. Saya yakin 200 kilometer per jam bisa tembus," ujar Affan.

Honda Supra GTR 150 menggunakan mesin CBR250RRIstimewa Honda Supra GTR 150 menggunakan mesin CBR250RR

Affan menambahkan, komponen yang dipakai dari Supra ini hanya bodi dan rangkanya saja. Mesin dan kaki-kali sudah pakai kepunyaan motor lain.

Dana yang diperlukan untuk mengganti mesin seperti ini, menurut Affan, tidak kurang dari Rp 25 jutaan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X