Apa Tugas Kernet Bus AKAP?

Kompas.com - 02/06/2020, 15:41 WIB
kernet bus kompas regionalkernet bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika menaiki bus antar kota antar provinsi (AKAP), kalau memperhatikan, pengemudi bus tidak sendirian ketika sedang mengemudikan bus, biasanya ditemani oleh satu asisten pengemudi atau kernet.

Namun tidak hanya pada bus AKAP, bus lain seperti pariwisata atau bus perkotaan, pasti pengemudi ditemani oleh kernet. Lalu apa saja tugas kernet ketika bus sedang beroperasi?

Dimas Raditya, anggota dari Forum Bismania Indonesia, mengatakan, kernet bus memiliki banyak tugas saat dalam perjalanan dan memiliki beberapa kemampuan untuk membantu pengemudi.

Baca juga: Hilangkan Kebiasaan Jari Kiri Nyangkut di Tuas Kopling

Kernet bustribunnews.com Kernet bus

“Setahu saya yang utama yaitu melayani penumpang, mengecek daftar penumpang, bagasi dan sebagainya. Bisa dibilang seperti pramugara/pramugari,” kata Dimas kepada Kompas.com, Senin (1/6/2020).

Selain melayani penumpang, kernet juga bertugas sebagai co-driver. Kernet harus bisa memberi aba-aba saat di jalan atau mau parkir. Dimensi bus yang panjang dengan banyak titik buta (blind spot), pengemudi butuh bantuan kernet saat manuver di tempat sempit.

Baca juga: Pengusaha Bus Pertanyakan Kejelasan SIKM Setelah 7 Juni 2020

Bahkan kernet juga sampai keluar dari bus untuk melihat situasi jalan lebih jelas. Kemudian kernet juga bisa menjadi mekanik untuk membantu memperbaiki bus jika ada kerusakan ringan.

Lalu apakah kernet juga harus bisa menyetir bus?

“Enggak semua kernet bisa nyetir bus, tapi ada saja. Kalau sekadar langsir, dari parkiran ke shelter pemberangkatan, biasanya dikemudikan oleh kernet, jarak dekat saja,” ucap Dimas.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X