Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Istilah Hot Seat pada Kursi Bus AKAP

Kompas.com - 02/06/2020, 14:32 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menaiki bus malam atau antar kota antar provinsi (AKAP) merupakan salah satu pilihan transportasi darat untuk bepergian. Pembelian tiket bus saat ini bisa dilakukan secara online, tidak perlu antre ke agen di terminal.

Selain itu, pembeli juga bisa memesan posisi tempat duduknya. Duduk di bus memiliki beberapa pilihan, di bagian depan, tengah, ataupun belakang. Memilih tempat duduk di bus AKAP, ada istilah yang sering didengar yaitu hot seat, apa artinya?

Dimas Raditya, Anggota dari Forum Bismania Indonesia, mengatakan, hot seat atau kursi panas biasanya terletak pada kursi paling depan dari bus. Buat sebagian penumpang, posisi ini kerap jadi favorit.

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Masih Bebaskan Denda Pajak Kendaraan

kabin busKompas.com/Fathan Radityasani kabin bus

Hot seat biasanya sebutan untuk kursi paling depan, baik sisi kanan ataupun kiri. Alasan dinamai hot seat yaitu penumpang bisa melihat serunya aksi bus ketika melewati jalur Pantura,” kata Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kalau sekarang, aksi susul menyusul antar bus kerap dilakukan saat berada di Tol Trans Jawa. Jadi aksi yang seru tersebut masih bisa disaksikan jika duduk di posisi hot seat.

Duduk di paling depan juga dekat dengan pengemudi, lalu pemandangan ke depan tidak terhalang oleh penumpang lainnya. Selain itu, duduk di hot seat bisa mendapatkan ruang kaki yang lebih luas dibanding bagian lainnya.

Baca juga: Ragam MPV Murah Bekas di Bawah Rp 90 Jutaan

“Ruang kaki yang luas itu poin tambahan jika bus yang dinaiki memiliki jumlah kursi yang sedikit, seperti kelas eksekutif. Tetapi jika naik bus yang lebih banyak kursinya, lebih luas ruang kaki di baris ke dua dan seterusnya,” ucap Dimas.

Dimas mengatakan kalau di bus dengan kursi yang banyak seperti VIP atau Patas, ruang kaki hot seat akan terhalang partisi, jadi kaki tidak bisa diluruskan. Sedangkan di baris belakangnya, kaki penumpang bisa selonjoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com