Dispensasi Perpanjangan SIM di DIY Berlaku sampai 29 Juni 2020

Kompas.com - 29/05/2020, 14:41 WIB
Perpanjang SIM di Telkomsel IIMS 2019 KOMPAS.com / Aditya MaulanaPerpanjang SIM di Telkomsel IIMS 2019
Penulis Ari Purnomo
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY) memperpanjang pemberian dispensasi, untuk proses perpanjangan Surat Izin Mengemudi ( SIM) hingga 29 Juni 2020.

Sebelumnya, dispensasi perpanjangan SIM diberlakukan bagi pemilik SIM yang habis masa berlakunya mulai 17 Maret bisa memperpanjang hingga 29 Mei 2020.

Dengan mempertimbangkan kondisi yang ada saat ini, maka dispensasi perpanjangan SIM pun kembali diperpanjang hingga akhir Juni mendatang.

Baca juga: Selama Pandemi, Ditlantas Polda Jatim Berikan Dispensasi Perpanjangan SIM

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, pihaknya masih memberikan toleransi kepada para pemilik SIM yang masa aktifnya sudah habis sejak 17 Maret yang lalu.

Aiptu Jailani (tengah) saat memberi pelatihan kepada pemohon SIM di halaman Satlantas Polres Gresik, Jumat (16/11/2018). KOMPAS.com/HAMZAH Aiptu Jailani (tengah) saat memberi pelatihan kepada pemohon SIM di halaman Satlantas Polres Gresik, Jumat (16/11/2018).

"Pelayanan SIM sudah kembali dibuka, tetapi kami masih memberikan toleransi untuk perpanjangan SIM hingga akhir Juni mendatang," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

I Made Agus menambahkan, perpanjangan dispensasi ini merujuk pada ST Kapolri No: ST/1473/V/YAN.1.1./2020 tanggal 18 mei 2020 tentang Dispensasi Proses Perpanjangan SIM.

Dengan adanya dispensasi ini, I Made Agus mengatakan, para pemilik SIM bisa melakukan perpanjangan SIM sampai dengan batas waktu yang sudah diberikan.

Baca juga: Virus Corona Meluas, Jumlah Pemohon SIM di Solo Menurun

"Masa dispensasi perpanjangan SIM yang semula berlaku pada 17 Maret sampai 29 Mei, dilanjutkan lagi sampai tanggal 29 juni," ujarnya.

Meski dispensasi hanya sampai akhir Juni, I Made Agus mengatakan, bagi para pemilik yang belum bisa melakukan proses perpanjangan pada waktu tersebut masih tetap bisa melakukan perpanjangan setelah 29 Juni 2020.

ditlantas polda DIY memberikan dispensasi perpanjangan SIMistimewa ditlantas polda DIY memberikan dispensasi perpanjangan SIM

"Tetap dengan proses perpanjangan dan bukan pembuatan SIM baru," katanya.

Mengenai waktu perpanjangan dispensasi ini tidak menutup kemungkinan bisa kembali diperpanjang melihat kondisi dan situasi terkini.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Dapat Dispensasi Perpanjangan SIM

"Batas waktu dispensasi perpanjangan SIM masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut," katanya.

Selain di DIY, pemberian dispensasi perpanjangan SIM juga berlaku di daerah lainnya seperti di wilayah Polda Jawa timur (Jatim).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X