Harga Skutik Bekas Usai Lebaran, Yamaha Nmax Kini Rp 18,5 Jutaan

Kompas.com - 29/05/2020, 14:02 WIB
Motor bekas di Showroom Nugroho Motor, Kartasura, Sukoharjo istimewaMotor bekas di Showroom Nugroho Motor, Kartasura, Sukoharjo
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Harga sepeda motor bekas jenis skutik bongsor 150 cc tidak luput dari imbas pandemi Corona di Indonesia. Penurunan harga yang terjadi untuk segmen motor ini berkisar Rp 2 juta.

Nugroho Dwi Prastiko selaku pemilik showroom motor bekas Nugroho Motor, Kartasura, Jawa Tengah (Jateng) mengatakan, harga semua motor bekas mengalami penurunan. Mulai bebek, matik dan juga sport.

"Untuk jenis matik juga mengalami penurunan seperti Honda Vario 150 cc keluaran tahun 2015 sebelumnya harganya mencapai Rp 16 juta, sekarang hanya Rp 14 juta," kata Nugroho kepada Kompas.com, Jumat (18/5/2020).

Baca juga: Usai Lebaran Harga Motor Bekas Anjlok, Pedagang Kesulitan Menjual

Kemudian, Nugroho menambahkan, untuk matik gambot andalan pabrikan garpu tala Nmax juga tidak luput dari penurunan harga. Saat ini, harga Nmax lansiran tahun 2015 hanya berkisar Rp 18,5 juta saja.

Motor bekas yang ada di showroom Mokas Setia Kasih Motor, Boyolali, Jawa Tengah setia kasih motor doc Motor bekas yang ada di showroom Mokas Setia Kasih Motor, Boyolali, Jawa Tengah

Nugroho juga mengatakan, dengan kondisi yang ada saat ini kebanyakan para pemilik showroom tidak berani untuk membeli barang lagi.

Selain untuk mengantisipasi kerugian yang semakin besar juga karena stok kendaraan yang ada di showroom juga sudah menumpuk.

"Biasanya kalau Lebaran itu waktunya untuk menghabiskan stok, tetapi untuk kali ini stok sudah menumpuk. Dan kami tidak berani membeli dulu, karena bisa merugi lebih besar," ucapnya.

Baca juga: Harga Motor Sport Bekas, CB150R Kini Hanya Rp 11 Jutaan

Jika ada yang ingin yang menjual motornya, Nugroho mengatakan, bisa melayani dengan cara tukar tambah saja. Sedangkan, jika harus membeli motor dari pemilik tidak bisa melayaninya.

"Opsinya ya dengan tukar tambah, kalau membeli tidak bisa karena stoknya sudah banyak," ujarnya.

Motor skutik besar di pasar motor bekasKompas.com/Setyo Adi Motor skutik besar di pasar motor bekas

Terpisah, pemilik showroom motor bekas Setia Kasih, Boyolali, Tri Sekam mengatakan, untuk harga motor matik dengan cc 150 masih bervairasi.

Dia mencontohkan untuk harga matik Honda PCX keluaran tahun 2018 harganya berkisar Rp 23 juta. Sementar untuk harga Nmax lansiran tahun 2016 harganya Rp 19 juta.

Baca juga: Harga Motor Bebek Bekas di Tengah Pandemi Mulai Rp 5 Jutaan

"Nmax keluaran tahun 2017 masih dijual dengan harga Rp 21 juta, Vario 150 tahun 2015 Rp 13,5 juta, Honda Vario 150 tahun 2016 Rp 14,5 juta lalu untuk Vario 150 tahun 2108 masih mencapai Rp 17juta," tuturnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X