Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Lebaran Harga Motor Bekas Anjlok, Pedagang Kesulitan Menjual

Kompas.com - 28/05/2020, 14:41 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Penurunan harga cukup besar terjadi di pasar sepeda motor bekas di tengah pandemi Covid-19 ini. Tak tanggung-tanggung, anjlok hingga 16 persen bahkan bisa lebih.

Kondisi semakin diperburuk dari sepinya pembeli selama momen Lebaran sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan stok di hampir semua showroom motor bekas.

Pemilik showroom motor bekas (Mokas) Nugroho Motor, Kartasura, Jawa Tengah (Jateng), Nugroho Dwi Prastiko mengatakan, dalam kondisi normal di momen Lebaran menjadi waktu untuk menghabiskan stok motor.

“Tahun lalu momen Lebaran bisa menghabiskan stok yang ada, tetapi sekarang stoknya masih cukup banyak ini disebabkan karena pandemi,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Penjualan Lesu, Diler Motor Bekas Terpaksa Turunkan Harga

Nugroho menambahkan, dengan kondisi seperti saat ini harga motor bekas mengalami penurunan yang cukup besar, yakni mencapai 10 persen hingga 16 persen.

Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekasGridOto.com Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekas

“Sebab harga motor ambyar adalah banyak orang yang jual motor, semua showroom pun kewalahan menerima. Sehingga pada tidak kulakan, lalu terjadilah harga remuk,” ujarnya.

Nugroho mencontohkan, penurunan harga cukup besar terjadi pada Yamaha Lexy. Motor matik yang harga sebelumnya bisa mencapai Rp 18 juta, sekarang hanya berkisar Rp 14,5 juta.

“CBR 150 full fairing yang sebelumnya harganya bisa mencapai Rp 22,5 juta sekarang hanya Rp 17 juta,” ucapnya.

Penurunan cukup besar juga terjadi pada motor sport Suzuki GSX yang harga normalnya bisa mencapai Rp 20 juta, sekarang hanya berkisar Rp 15 juta.

Baca juga: Imbas Corona, Harga Motor Bekas Turun hingga Jutaan Rupiah

Banyaknya orang yang menjual dibandingkan membeli kata Nugroho karena pemilik kendaraan terdesak oleh kebutuhan sehari-hari.

Akibatnya, jika ada yang menjual akan ditawar semurah mungkin karena memang penjualan sangat sepi. Bahkan showroom mokas sekarang sudah tidak lagi menerima stok.

Motor bekas yang ada di showroom Mokas Setia Kasih Motor, Boyolali, Jawa Tengah setia kasih motor doc Motor bekas yang ada di showroom Mokas Setia Kasih Motor, Boyolali, Jawa Tengah

“Bisanya tukar tambah, itu karena mereka juga tidak ada dana lagi buat kulak dan takut lebih merugi lagi. Boro-boro mau beli motor, mereka (pembeli) buat makan susah maka showroom motor second sepi pembeli,” tuturnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pemilik showroom Mokas Setia Kasih Motor, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), Tri Sekam.

Baca juga: Ini Warna Favorit Pembeli Motor Bekas, Putih Masih Jadi Pilihan

Tri mengatakan, setelah momen Lebaran geliat penjualan juga belum menunjukkan tanda-tanda yang lebih baik.

“Kalau yang tanya-tanya sudah ada tetapi untuk penjualan masih sepi, belum bisa normal kembali,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com