Usai Lebaran Harga Motor Bekas Anjlok, Pedagang Kesulitan Menjual

Kompas.com - 28/05/2020, 14:41 WIB
Salah satu showroom motor bekas Nugroho Motor istimewaSalah satu showroom motor bekas Nugroho Motor
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Penurunan harga cukup besar terjadi di pasar sepeda motor bekas di tengah pandemi Covid-19 ini. Tak tanggung-tanggung, anjlok hingga 16 persen bahkan bisa lebih.

Kondisi semakin diperburuk dari sepinya pembeli selama momen Lebaran sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan stok di hampir semua showroom motor bekas.

Pemilik showroom motor bekas ( Mokas) Nugroho Motor, Kartasura, Jawa Tengah ( Jateng), Nugroho Dwi Prastiko mengatakan, dalam kondisi normal di momen Lebaran menjadi waktu untuk menghabiskan stok motor.

“Tahun lalu momen Lebaran bisa menghabiskan stok yang ada, tetapi sekarang stoknya masih cukup banyak ini disebabkan karena pandemi,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Penjualan Lesu, Diler Motor Bekas Terpaksa Turunkan Harga

Nugroho menambahkan, dengan kondisi seperti saat ini harga motor bekas mengalami penurunan yang cukup besar, yakni mencapai 10 persen hingga 16 persen.

Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekasGridOto.com Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekas

“Sebab harga motor ambyar adalah banyak orang yang jual motor, semua showroom pun kewalahan menerima. Sehingga pada tidak kulakan, lalu terjadilah harga remuk,” ujarnya.

Nugroho mencontohkan, penurunan harga cukup besar terjadi pada Yamaha Lexy. Motor matik yang harga sebelumnya bisa mencapai Rp 18 juta, sekarang hanya berkisar Rp 14,5 juta.

“CBR 150 full fairing yang sebelumnya harganya bisa mencapai Rp 22,5 juta sekarang hanya Rp 17 juta,” ucapnya.

Penurunan cukup besar juga terjadi pada motor sport Suzuki GSX yang harga normalnya bisa mencapai Rp 20 juta, sekarang hanya berkisar Rp 15 juta.

Baca juga: Imbas Corona, Harga Motor Bekas Turun hingga Jutaan Rupiah

Banyaknya orang yang menjual dibandingkan membeli kata Nugroho karena pemilik kendaraan terdesak oleh kebutuhan sehari-hari.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X