Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Corona, Penjual Motor Bekas Terpaksa Turunkan Harga

Kompas.com - 31/03/2020, 06:51 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Penjualan sepeda motor bekas (Mokas) di wilayah Solo, Jawa Tengah terus mengalami penurunan, di tengah meluasnya penyebaran virus corona atau covid-19 di Indonesia.

Kondisi ini pun diperparah dengan pembiayaan atau leasing yang sudah mengurangi operasionalnya, karena imbas dari penerapan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Pedagang pun berupaya untuk tetap bisa menarik pembeli, salah satunya dengan menurunkan harga Mokas yang dijualnya.

Hal ini seperti dilakukan oleh pemilik showroom Mokas Nugroho Motor, Nugroho Dwi Prastiko. Nugroho mengaku harus menurunkan harga jual mokas lantaran semakin sepinya pembeli karena kondisi yang tidak menentu.

Baca juga: Catat, Ini Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil

“Penjualan menurun sangat drastis, bisa mencapai lebih dari 50 persen. Jadi saya juga harus menurunkan harga motor yang saya jual, mengingat kondisi seperti ini jualan juga susah,” katanya kepada Kompas.com, Senin (30/3/2020).

sepedaa motor yang dijajakan di Bursa Motor Bekas, Jalan Langsat, Koja, Jakarta UtaraKOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI sepedaa motor yang dijajakan di Bursa Motor Bekas, Jalan Langsat, Koja, Jakarta Utara

Meski harga sudah diturunkan, tetapi tidak banyak berpengaruh terhadap penjualan Mokas. Terbukti, dalam sehari belum tentu ada transaksi sepeda motor di tempatnya.

“Dulu rata-rata dalam sehari pasti ada transaksi penjualan, sekarang ini tidak ada. Kalau penjualan sekitar 30 unit setiap bulannya,” katanya.

Nugroho pun tetap menawarkan harga yang sesuai dengan ketersediaan uang dari calon pembelinya. Hal ini karena di tempatnya juga menjual Mokas yang di atas Rp 12 juta atau pun yang di bawah Rp 7 juta.

Baca juga: Mitos Atau Fakta Air Buangan AC Bagus Untuk Radiator

Dengan begitu, pembeli pun bisa memilih sesuai dengan uang yang dimilikinya.

Motor skutik besar di pasar motor bekasKompas.com/Setyo Adi Motor skutik besar di pasar motor bekas

“Ya kalau ada calon pembeli datang, saya menawarkan mau mencari motor dengan kisaran harga berapa. Karena ada yang harganya Rp 16 juta ada juga yang Rp 5 juta,” ucapnya.

Untuk harga yang di atas Rp 10 juta, biasanya adalah untuk motor matik yang sudah injeksi. Sedangkan untuk motor yang masih menggunakan sistem karburator harganya berkisar Rp 7 juta ke bawah.

Baca juga: Begini Cara Kuras Radiator Mobil Sendiri di Rumah

I Wayan Suryanata, pemilik showroom Mokas Gilang Motor mengatakan, yang paling banyak dibeli adalah motor yang berkisar Rp 7 juta.

“Ya motor yang masih karbu itu yang paling laris harganya Rp 7 juta ke bawah,” kata Wayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com