Imbas Corona, Harga Motor Bekas Turun hingga Jutaan Rupiah

Kompas.com - 24/04/2020, 09:12 WIB
Salah satu showroom motor bekas Nugroho Motor istimewaSalah satu showroom motor bekas Nugroho Motor
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Anjloknya harga tidak hanya terjadi pada mobil bekas ( mobkas), tetapi banderol sepeda motor bekas ( mokas) pun juga mengalami kondisi serupa.

Namun, penurunan harga yang terjadi tidak separah seperti banderol mobil, yaitu bisa mencapai puluhan juta rupiah sampai ratusan juta rupiah.

Penurunan harga yang terjadi hanya berkisar 10 persen, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung dengan harga pasaran kendaraan roda dua tersebut.

Baca juga: Ini Warna Motor Bekas yang Kurang Diminati Pembeli

Pemilik showroom Nugroho Motor di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Nugroho Dwi Prastiko mengatakan, penurunan ini adalah mengikuti kondisi yang terjadi saat ini.

“Penurunan harga ini menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi sekarang ini, rata-rata semua tipe kendaraan turun 10 persen,” kata Nugroho kepada Kompas.com, Kamis (23/4/2020).

sepedaa motor yang dijajakan di Bursa Motor Bekas, Jalan Langsat, Koja, Jakarta UtaraKOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI sepedaa motor yang dijajakan di Bursa Motor Bekas, Jalan Langsat, Koja, Jakarta Utara

Kondisi ini terjadi, lanjut Nugroho, salah satunya disebabkan karena banyaknya masyarakat yang menjual motornya.

Sehingga, membuat stok kendaraan roda dua di showroom semakin banyak. Sementara, kondisi ini tidak diimbangi dengan penjualan yang bagus.

“Sekarang yang jual banyak, stok juga banyak tetapi yang beli menurun jadi harga juga menurun. Kulakannya juga sudah murah jadi jualnya juga murah,” ucapnya.

Baca juga: Ini Warna Favorit Pembeli Motor Bekas, Putih Masih Jadi Pilihan

Tetapi, Nugroho juga bingung bagaimana nasib sepeda motor yang sebelumnya dibeli dengan harga normal.

Sementara kondisi sekarang ini memaksa harga jual harus diturunkan karena sepinya pembeli.

“Harapan saya kondisinya segera kembali normal, agar tidak banyak merugi. Karena banyak stok motor yang dulunya dibeli dengan harga normal,” ujarnya.

Motor bekas di Showroom Nugroho Motor, Kartasura, Sukoharjoistimewa Motor bekas di Showroom Nugroho Motor, Kartasura, Sukoharjo

Pada kesempatan berbeda, pemilik showroom Gilang Motor, di Solo, I Wayan Suryanata mengatakan hal yang sama.

Semenjak pandemi Corona, selain penjualan mokas yang menurun harga pun mau tidak mau juga menurun.

Baca juga: Deretan Motor Matik Bekas, Ada yang Rp 4,5 Juta

“Kalau penjualannya mengalami penurunan lebih dari 50 persen, sedangkan untuk harganya juga menurun sekitar 10 persen,” ucapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X