Bus Punya 6 Spion, tetapi Musuh Utama Tetap Sepeda Motor

Kompas.com - 27/05/2020, 09:22 WIB
spion bus Kompas.com/Fathan Radityasanispion bus

JAKARTA, KOMPAS.comSpion merupakan komponen penting untuk melihat kondisi di sekitar kendaraan. Fungsi spion juga lebih penting pada kendaraan yang besar yang memiliki banyak titik buta (blind spot) seperti bus.

Biasanya bentuk spion yang ada di bus modelnya sedikit maju ke depan dan terletak di kanan kiri bus. Pada model bus saat ini, ada spion tambahan yang terletak dekat dengan kaca pengemudi. Apa fungsi dari spion tersebut?

Rifandy Adrianto, staf pemasaran dari karoseri Adi Putro, mengatakan, tambahan spion dekat kaca pengemudi berfungsi untuk mengurangi blind spot ketika mengemudi.

Baca juga: Pemudik Dilarang Balik, Ini Sanksi Masuk Jakarta Tanpa SIKM

Bus AKAP Szarabajkabigsta.net Bus AKAP Szarabajka

“Fungsinya untuk blind spot bawah bagian depan. Biasanya kan sepeda motor kadang ada di sebelah bus dan tidak terlihat. Kecelakaan biasanya terjadi karena waktu menyalip, motor di samping bus enggak kelihatan,” ucap Rifandy kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain ada tambahan yang dekat kaca pengemudi, bentuk dari kaca spion yang lainnya juga berbeda dengan kendaraan lain. Seperti yang dikatakan oleh Werry Yulianto, Manajer Ekspor Karoseri Laksana.

Baca juga: Yamaha Tracer Bakal Lawan Kawasaki Versys 250

“Spion kanan dan kiri bus masing-masing ada dua kaca cembung. Bedanya ada pada kecembungan dari kacanya dan memengaruhi jarak lihatnya. Jadi kalau dijumlahkan, total spion yang ada di bus yaitu enam,” kata Werry kepada Kompas.com.

Mengatur spion pada bus harus dilakukan agar bisa mengurangi blind spot. Kebanyakan bus mengatur spion dengan cara manual, hanya sedikit yang sudah elektris pengaturannya.

“Standarnya manual untuk mengatur spionnya. Ada yang elektrik, cuma lebih mahal karena ada aktuatornya yang menggerakkan cerminnya,” ujar Werry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.