Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Corona, Permintaan Avanza Bekas Lebih Rendah ketimbang Fortuner

Kompas.com - 24/05/2020, 12:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil-mobil di segmen Low MPV seperti Toyota Avanza merupakan kendaraan yang punya banyak permintaan, tak terkecuali di pasar mobil bekas. Namun, karena dampak pandemi Covid-19, permintaan Avanza kini tengah mengalami penurunan.

Penurunan bahkan terjadi pada bulan Ramadan atau menjelang Lebaran, kondisi yang biasanya menjadi momentum peningkatan penjualan.

Direktur Marketing OLX Indonesia Ichmeralda Rachman mengatakan, penurunan permintaan mobil bekas sudah diduga lantaran kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat tengah terpukul karena pandemi.

Baca juga: Mudik Dilarang, Ratusan Ribu Kendaraan Sudah Tinggalkan Jakarta

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

“Menurunnya daya beli masyarakat secara umum serta berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya jumlah permintaan atas mobil di platform OLX,” ujar Ichmeralda dalam keterangan tertulis (21/5/2020).

Menariknya, permintaan mobil-mobil di segmen low MPV seperti Avanza, Ertiga, dan Xenia diklaim terus mengalami penurunan hingga sekitar 50 sampai 60 persen.

Terutama setelah diumumkannya kasus Covid-19 pertama di Indonesia, hingga minggu pertama bulan Ramadhan 2020 (23 April 2020).

Baca juga: Polisi Izinkan Warga Mudik Lokal di Jabodetabek

Toyota FortunerStanly/Otomania Toyota Fortuner

Sementara untuk segmen yang lebih mewah, seperti Fortuner, Alphard, dan Pajero Sport, hanya menurun sekitar 30 persen.

“Pandemi ini memang banyak memukul kelas menengah sehingga memang tipe mobil keluarga pilihan kelas menengahlah yang mengalami penurunan permintaan cukup signifikan,” kata Ichmeralda.

Meski terjadi penurunan permintaan untuk mobil di segmen low MPV, secara umum mobil Jepang yang punya kapasitas besar dan multiguna masih disukai konsumen Indonesia.

“Toyota Avanza dan Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul Honda Jazz dan Daihatsu Xenia. Preferensi merek mobil ini konsisten sebelum dan semasa pandemi Covid-19,” ucap Ichmeralda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com