Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Perbaiki Interior Mobil, Ini Rincian Biayanya

Kompas.com - 22/05/2020, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah yang sering terjadi pada interior mobil lawas adalah pudarnya warna, atau bahan karet dan plastik yang mulai kering karena pengaruh cuaca.

Kondisi ini bahkan bisa membuat bahan pelapis interior bisa robek atau terkelupas karena bahan getas.

Bagi yang ingin merestorasi mobil bekas, mengganti bahan interior dengan yang orisinil mungkin agak sulit. Selain karena barangnya jarang, harga pelapis interior yang asli bisa melambung tinggi.

Baca juga: Atasi Mika Lampu Mobil yang Buram dengan Pasta Gigi

Owner Vertue Concept, Edy, mengatakan, ada solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan mengganti bahan pelapis jok bawaan dengan versi aftermarket.

kenob setirKompas.com/Fathan Radityasani kenob setir

Seperti perbaikan bahan setir, shift-knob, cover shift-knob, dasbor, panel trimming, pilar A-B-C, hingga panel, dengan harga bervariasi mulai sekitar Rp 2 jutaan.

Baca juga: Check Point PSBB Diperketat Saat Lebaran, Petugas Berjaga 24 Jam

“Penggantian jok kulit asli untuk mobil dengan dua baris tempat duduk sekitar Rp 10 jutaan, untuk tiga baris tempat duduk sekitar Rp 13 jutaan. Itu pakai bahan asli yang diimpor dari luar negeri,” ujar Edy kepada Kompas.com.

Perlu diketahui, kelebihan utama bahan impor adalah warnanya yang bisa menyerupai bahan pelapis asli. Selain itu, dari kelenturan dan elastisitas pun lebih baik dari bahan kulit kebanyakan.

Sementara untuk alternatif, tersedia juga pilhan kulit sintetis buatan lokal yang dipatok lebih murah dari harga bahan asli, yaitu kisaran Rp 5 jutaan sampai Rp 7 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com