Mau Perbaiki Interior Mobil, Ini Rincian Biayanya

Kompas.com - 22/05/2020, 17:21 WIB
Ilustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiran Kompas.com/DioIlustrasi interior mobil yang mengalami kebanjiran

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah yang sering terjadi pada interior mobil lawas adalah pudarnya warna, atau bahan karet dan plastik yang mulai kering karena pengaruh cuaca.

Kondisi ini bahkan bisa membuat bahan pelapis interior bisa robek atau terkelupas karena bahan getas.

Bagi yang ingin merestorasi mobil bekas, mengganti bahan interior dengan yang orisinil mungkin agak sulit. Selain karena barangnya jarang, harga pelapis interior yang asli bisa melambung tinggi.

Baca juga: Atasi Mika Lampu Mobil yang Buram dengan Pasta Gigi

Owner Vertue Concept, Edy, mengatakan, ada solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan mengganti bahan pelapis jok bawaan dengan versi aftermarket.

kenob setirKompas.com/Fathan Radityasani kenob setir

Seperti perbaikan bahan setir, shift-knob, cover shift-knob, dasbor, panel trimming, pilar A-B-C, hingga panel, dengan harga bervariasi mulai sekitar Rp 2 jutaan.

Baca juga: Check Point PSBB Diperketat Saat Lebaran, Petugas Berjaga 24 Jam

“Penggantian jok kulit asli untuk mobil dengan dua baris tempat duduk sekitar Rp 10 jutaan, untuk tiga baris tempat duduk sekitar Rp 13 jutaan. Itu pakai bahan asli yang diimpor dari luar negeri,” ujar Edy kepada Kompas.com.

Perlu diketahui, kelebihan utama bahan impor adalah warnanya yang bisa menyerupai bahan pelapis asli. Selain itu, dari kelenturan dan elastisitas pun lebih baik dari bahan kulit kebanyakan.

Sementara untuk alternatif, tersedia juga pilhan kulit sintetis buatan lokal yang dipatok lebih murah dari harga bahan asli, yaitu kisaran Rp 5 jutaan sampai Rp 7 jutaan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X