Low MPV Terlaris Ketiga, Penjualan Daihatsu Xenia Tembus 670.000 Unit

Kompas.com - 22/05/2020, 13:19 WIB
Daihatsu Xenia di Telkomsel IIMS 2019 Daihatsu Xenia di Telkomsel IIMS 2019
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah ramainya persaingan kelas Low MPV, yang tercatat ada tujuh merek lain bersaing di segmen ini, Daihatsu Xenia berhasil meraih penjualan hingga lebih dari 670.000 unit. 

Sejak pertama kali hadir tahun 2004, saat itu segmen Low MPV baru dihuni Xenia dan Avanza saja. Kini saat rivalitas makin ketat, Xenia harus terus berbenah agar tetap jadi pilihan konsumen.

Model Grand New Xenia yang hadir awal 2019 jadi generasi yang paling mutakhir dari segi desain, fitur, performa, dan kenyamanan lebih baik yang hadir dengan total 10 varian.

Baca juga: Pembeli Motor Jokowi Rp 2,55 M Tak Paham Lelang, Dikira Dapat Hadiah

Daihatsu Xenia Facelift resmi meluncur Daihatsu Xenia Facelift resmi meluncur

“Kami bersyukur, walaupun sudah 16 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada 2004, di segmen Low MPV, Daihatsu Xenia masih tetap dipercaya dan menjadi yang terlaris ketiga dipilih masyarakat Indonesia per YTD (year to date) April 2020,” ucap Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangan tertulis (22/5/2020).

Dari catatan Gaikindo, pada Januari sampai April 2020, penjualan retail sales pasar otomotif nasional mencapai sekitar 243.000 unit atau turun 28,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara penjualan Daihatsu pada saat yang sama, mencapai 44.346 unit atau terjadi penurunan sekitar 26,9 persen. Meski volume penjualan menurun, pangsa pasar Daihatsu naik menjadi 18,2 persen.

Baca juga: Telanjur Mudik, Jangan Harap Bisa Kembali ke Jakarta dengan Mudah

Perubahan interior Daihatsu Xenia facelift 2019 Perubahan interior Daihatsu Xenia facelift 2019

Amelia juga mengatakan, penjualan mobil di segmen Low MPV masih menjadi kontributor paling besar meski pasar secara keseluruhan menurun.

“Tercatat, penjualan ritel hingga empat bulan pada tahun ini, MPV berkontribusi sekitar 20,8 persen dari total pasar otomotif Indonesia,” katanya.

Daihatsu mencatat sepanjang Januari hingga April 2020, Xenia menjadi Low MPV terlaris ketiga dan telah terjual lebih dari 5.000 unit dengan pangsa pasar 10,1 persen dalam kurun waktu empat bulan.

“Ini membuktikan bahwa Xenia yang telah berkiprah selama lebih dari 16 tahun, tetap dipercaya menjadi salah satu mobil MPV terbaik pilihan keluarga dan masyarakat Indonesia,” ujar Amelia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X