Alphard Terbakar di Pondok Indah, Ini Kata Toyota Indonesia

Kompas.com - 13/05/2020, 09:02 WIB
tangkapan layar dari video mobil Toyota Alphard yang terbakar di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (11/5/2020) Walda Marison / Kompas.comtangkapan layar dari video mobil Toyota Alphard yang terbakar di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (11/5/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa belum menerima informasi detail atas kasus Alphard yang terbakar di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (11/5/2020).

Dikatakan Direktur Marketing TAM, Anton Jimmi Suwandy, hingga saat ini pihak kepolisian belum meminta pihak perseroan secara resmi untuk ikut melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

"Kita sudah diinfo oleh diler, intinya sedang menunggu informasi lebih lanjut. Belum ada panggilan untuk TAM mengunjungi unit tersebut, karena saya rasa penanganan unit ini berada di tangan yang berwajib," kata Anton dalam diskusi virtual, Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Dugaan Awal Penyebab Alphard Terbakar di Pondok Indah

Ilustrasi mobil terbakarhowkenya.com Ilustrasi mobil terbakar

Bila nantinya tim kepolisian meminta untuk pihak TAM ikut melakukan investigasi penyebab kejadian tersebut, Anton menyatakan bahwa pihaknya siap.

Adapun perkiraan awal TAM, sumber kebakaran bukan berasal dari internal mobil, melainkan dari luar. Asumsi ini timbul berdasarkan pada sejumlah kasus serupa yang melibatkan mobil Toyota.

"Seperti kasus Camry hampir terbakar di JORR beberapa waktu lalu, setelah kita investigasi ditemukan bekas yang sepele tapi berkaitan dengan safety, yaitu bekas handuk atau lap cucian mobil ditinggal di bagian mesin," ujar Anton.

"Jadi waktu itu bukan mobilnya terbakar ya, tapi keluar asap jadi handuk ini yang terbakar. Bukan mobilnya. Hingga akhirnya merembet ke tempat yang lain. Kebetulan waktu itu mobil tidak sampai terbakar total," lanjutnya.

Kemudian potensi selanjutnya, bisa karena modifikasi atau pemasangan aksesoris elektrikal yang tidak menggunakan genuine part atau komponen resmi pabrikan. Misalnya, mengganti lampu halogen dengan HID sendiri.

Baca juga: Toyota Alphard Terbakar, Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil?

Toyota Astra Motor memperkenalkan Alphard 2020dok TAM Toyota Astra Motor memperkenalkan Alphard 2020

"Nah itu kan ada wiring-nya, disambung sendiri tanpa safety akibatnya bisa terjadi kebakaran," kata dia.

"Seingat saya kebakaran yang melibatkan mobil Toyota belum pernah datang dari mobil itu sendiri, melainkan beberapa hal misalnya ketinggalan barang atau pemasangan aksesori," jelas Anton lagi.

Namun sekali lagi, pihak TAM belum memperoleh informasi detail terkait pristiwa kebakaran tersebut. Terkait dugaan sementara dari kepolisian setempat yaitu korsleting patut dikaji atau investigasi lebih dalam lagi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X