Efek Buruk jika Knalpot Motor 2 Tak Jarang Dirawat

Kompas.com - 09/05/2020, 16:02 WIB
Yamaha 125z milik Henry yang ditawarkan dengan harga Rp 150 juta istimewaYamaha 125z milik Henry yang ditawarkan dengan harga Rp 150 juta
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Melakukan perawatan sepeda motor sebaiknya dilakukan secara rutin. Hal ini, selain untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima saat digunakan, juga untuk menjaga komponen agar lebih awet.

Bagi para pemilik kendaraan yang masih menggunakan mesin dua tak atau dua langkah, bagian yang tidak boleh diabaikan saat melakukan perawatan adalah knalpot.

Saluran pembuangan sisa pembakaran pada mesin ini ternyata mempunyai andil yang cukup besar dalam menjaga motor agar tetap bertenaga.

Baca juga: Perilaku Ini Juga Dilarang Saat Berkendara di Jalan Tol

Fachrul Reza, Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang mengatakan, knalpot motor dua tak dengan empat tak memiliki banyak perbedaan. Mulai bentuknya hingga peruntukannya dalam mendukung kinerja mesin saat digunakan.

Knalpot dua tak akan banyak oli dan kerak-kerak, oli ini dari hasil pembakaran bahan bakar sehingga butuh perawatan yang ekstra,” katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Perawatan yang dimaksud adalah dengan membersihkan kerak-kerak yang ada di dalamnya. Sebab jika kerak-kerak tersebut tidak dibersihkan secara berkala bisa mengganggu pembuangan.

Ragam knalpot racing untuk sepeda motorSetyo Adi/Otomania Ragam knalpot racing untuk sepeda motor

“Kalau tidak dibersihkan akan menyumbat sehingga tenaga kendaraan akan berkurang,” katanya.

Tak hanya akan mempengaruhi tenaga mesin saja, Fachrul menambahkan, kerak yang sudah menumpuk juga akan membuat mesin susah menyala saat pertama kali distarter.

“Saat pertama kali distarter mesin juga akan susah menyala, kemudian konsumsi BBM juga akan lebih boros,” tuturnya.

Baca juga: Catat, Kendaraan Dilarang Menurunkan Penumpang di Tol, Ini Aturannya

Fachrul mengibaratkan bahwa kerak yang ada di dalam saluran pembuangan motor dua tak tersebut seperti lemak jahat dalam tubuh manusia.

Sehingga, sebisa mungkin lemak tersebut harus dibersihkan sebelum semakin menumpuk dan membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Kerak-kerak di knalpot 2 tak itu ibarat lemak di tubuh kita, kalau tidak dibersihkan lama-lama menggunung, membuat tubuh melar, berat, susah bergerak, dan lainnya,” ucapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X