Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pernah Tinggalkan Anak Kecil Sendirian di Mobil, Ini Bahayanya

Kompas.com - 09/05/2020, 14:18 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, viral video yang memperlihatkan seorang anak terjebak di dalam mobil sendirian. Anak kecil yang diduga masih balita ini tidak menghiraukan bujukan orang yang ada di luar mobil untuk membuka pintu yang terkunci.

Dalam video yang diunggah ulang oleh akun @thayababy, diyakini bahwa balita tersebut yang mengunci pintu mobil sendiri ketika ditinggal oleh orang tuanya.

Baca juga: Selama di Rumah Aja, Begini Parkir Mobil Transmisi Matik yang Benar

Bisa jadi si anak belum bisa memahami betul kata-kata orang lain atau tidak memahami yang mana penguncinya. Sehingga, tidak menghiraukan kata-kata orang lain yang memintanya untuk membuka kunci pintu mobil.

Kondisi mobil yang sudah parkir lebih dari enam bulan di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai Rp 10 juta lebih.KOMPAS.com/ Ari Purnomo Kondisi mobil yang sudah parkir lebih dari enam bulan di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai Rp 10 juta lebih.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatakan, pada dasarnya umur berapa pun anak kecil tersebut, jangan sampai ditinggal di dalam mobil. Sebab, tindakan tersebut sangat berbahaya, bahkan berakibat kematian.

"Berbahaya bila terlalu lama di dalam mobil, bisa pingsan dan mati lemas karena keracunan gas buang kendaraan yang masuk ke dalam kabin kendaraan," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengungkapkan perhatian pemilik kendara tidak hanya dilakukan saat menggunakan saja, namun juga ketika meninggalkan kendaraan, untuk parkir misalnya.

"Usahakan parkir kendaraan harus benar dan aman. Benar dalam arti tempatnya sesuai peruntukan dan aman dari kejahatan atau kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Biasakan melakukan hal-hal aman saat parkir," ucap Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com