Anak Terkunci di Dalam Mobil, Begini Cara Aman Memecahkan Kaca

Kompas.com - 09/05/2020, 15:48 WIB
Ilustrasi saat mobil terkunci dari dalam. wonderhowto.comIlustrasi saat mobil terkunci dari dalam.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian mobil terkunci dari dalam kerap terjadi, terutama saat kita secara sengaja meninggalkan anak kecil di dalam kabin. Karena faktor tidak sengaja, anak kecil bisa saja memencet tombol pengunci.

Seperti yang terjadi baru-baru ini di akun Instagram @thayababy, seorang balita diketahui terjebak di dalam mobil saat ditinggal oleh orang tuanya.

Belajar dari kejadian ini, penting bagi orang tua untuk selalu mengawasi anak. Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, jangan pernah meninggalkan anak sendirian di dalam mobil.

Baca juga: Resmi, Kemenhub Izinkan Bus AKAP Beroperasi

“Karena anak-anak cenderung suka utak-atik di dalam mobil. Kalau cuma sesaat, cabut kunci bawa keluar. Buka kaca sedikit untuk pernafasan anak tersebut dan kunci pintu,” ujar Sony, kepada Kompas.com (9/5/2020).

Sony juga mengingatkan pemilik mobil untuk selalu menyimpan kunci cadangan di tempat yang mudah dijangkau. Sehingga bila terjadi kondisi seperti ini, dapat segera ditangani dengan aman.

Sementara jika kondisinya sudah darurat, memecahkan kaca jadi cara yang paling direkomendasikan.

Baca juga: Imbas Corona dan PSBB, Penjualan Honda Menukik 82 Persen

Ilustrasi anak terkunci di dalam mobilshutterstock/Ole_CNX Ilustrasi anak terkunci di dalam mobil

 

Menurut Sony, pilih kaca yang posisinya paling jauh dari anak tersebut. Lakukan sambil mengalihkan perhatian si anak agar tidak membuat kaget.

“Gunakan dengan ketukan bukan sekali pukul, supaya tidak menimbulkan trauma terhadap anak tersebut. Pakai benda apapun yang cukup keras dan ujungnya lancip,” ujar Sony.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X