Sepekan PSBB Bekasi, Ada 12.510 Pengendara Melanggar

Kompas.com - 23/04/2020, 14:42 WIB
|

BEKASI, KOMPAS.com - Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Bekasi guna mengurangi potensi penyebaran virus corona alias Covid-19 masih diawarnai banyak pelanggaran.

Berdasarkan catatan Tim Pengawasan Pergerakan Orang dan Kendaraan Kota Bekasi, selama sepekan pelaksanaan PSBB tercatat ada 12.510 pelanggaran. Pelanggar didominasi pengendara yang tak menggunakan masker.

"Hingga hari ke-7 PSBB, tertanggal 22 April 2020, dilaporkan sudah ada 12.510 pelanggar," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di keterangan tertulis, Rabu (2/4/2020).

Baca juga: Larangan Mudik Berlaku Hingga 31 Mei 2020

Petugas gabungan dari TNI, Polri, Polisi Pamong Praja dan Dishub DKI Jakarta melakukan imbauan kepada pengendara mobil dan motor untuk dapat mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020). Imbauan ini dilakukan agar masyarakat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 14 hari, yang salah satu aturannya adalah pembatasan penumpang kendaraan serta anjuran untuk menggunakan masker jika berkendara.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas gabungan dari TNI, Polri, Polisi Pamong Praja dan Dishub DKI Jakarta melakukan imbauan kepada pengendara mobil dan motor untuk dapat mematuhi penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di jalan Penjernihan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020). Imbauan ini dilakukan agar masyarakat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama 14 hari, yang salah satu aturannya adalah pembatasan penumpang kendaraan serta anjuran untuk menggunakan masker jika berkendara.

Ia merinci, jumlah pengendara yang melanggar penggunaan masker sebanyak 2.429 pelanggar. Sementara yang pemotor yang masih berboncengan dan tidak menggunakan masker sebanyak 9.080 pelanggar.

"1001 kasus pelanggaran kendaraan yang melebihi kapasitas," lanjut dia.

Kemudian, sebagaimana dikatakan Kabag Humas Kota Bekasi, Sajekti Rubiah, jumlah kendaraan roda dua yang masuk ke Kota Bekasi ialah 98.898 kendaraan. Sementara untuk mobil mencapai 57.756 kendaraan.

Baca juga: Catat Daftar 32 Lokasi Check Point Selama PSBB Bekasi

Petugas kepolisian memeriksa identitas pengendara motor yang berpenumpang saat penerapan PSBB di Perbatasan Jakarta - Depok, Depok, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan setiap pengendara mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di Kota Depok.ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA Petugas kepolisian memeriksa identitas pengendara motor yang berpenumpang saat penerapan PSBB di Perbatasan Jakarta - Depok, Depok, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan setiap pengendara mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di Kota Depok.

"Saya sudah sampaikan, hari pertama kedua sanksinya masih persuasif. Hari ketiga empat warning. Nah, hari kelima, keenam, dan seterusnya saya minta ada penegakkan," ujar Rahmat.

Untuk diketahui, PSBB di Bekasi telah resmi diterapkan pada 15 April 2020 lalu. Ada 32 check point yang dibuat dalam rangka pengawasan dan pengamatan selama periode PSBB. Pos tersebut dijaga oleh aparat kepolisian.

Berikut daftar 32 titik pengawasan PSBB di Bekasi:

1. Perbatasan Bantar Gebang-Cileungsi Bogor
2. Perbatasan Medan Satria-Tarumajaya
3. Perbatasan Medan Satria-Cakung
4. Perbatasan Molek-Lubang Buaya
5. Perbatasan Al Hakim-Kalimalang Jaktim
6. Perbatasan Jatiwarna-Cipayung
7. Perbatasan Jatimurni-Cilangkap
8. Perbatasan Jatiraden-Pondok Ranggon
9. Gerbang Nusantara-Cibubur
10. Perbatasan Kranggan-Pondok Ranggon
11. Perbatasan Bintara-Cakung
12. Perbatasan Bintara-Pondok Kopi
13. Perbatasan Bintara Jaya-Pondok Kopi
14. Perbatasan Kota Baru-Cakung (Perum Harapan Regency RW 13)
15. Perbatasan Kota Baru-Cakung (Perum Harapan Regency RW 14)
16. Perbatasan Kota Baru-Cakung (Jl. Harapan Baru)
17. Perbatasan Bintara jaya-Duren Sawit (Sumber Artha)
18. Perbatasan Bekasi Utara-Tambun (Giant Wisma Asri)
19. Perbatasan Pondok Ungu Permai-Babelan
20. Perbatasan Teluk Pucung-Babelan
21. Perbatasan Bulak Kapal-Tambun
22. Perbatasan Margahayu-Tambun (Kalimalang)
23. Pintu Keluar Tol Bekasi Barat
24. Pintu Keluar Tol Bekasi Timur
25. Pintu Keluar Tol Jatiasih
26. Pintu Keluar Tol Jatiwarna
27. Pintu Keluar Tol Jatiwaringin
28. Pintu Keluar Tol Jatibening
29. Pintu Keluar Tol Kalimalang (Kota Bintang)
30. Perbatasan Bekasi Utara dan Kabupaten Bekasi
31. Perbatasan Mustika Jaya-Setu Kali Kembang (Jl.Cimuning Setu)
32. Perbatasan Mustika Jaya-Setu (Jl.Baru Grand Wisata Pintu Selatan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.