Kompas.com - 22/04/2020, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang terjadi pada kick starter sepeda motor ialah keras dan seret. Ketika ''diengkol" kick starter tidak balik atau butuh waktu lama kembali ke posisi awal.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, starter keras dan sulit balik ke posisi semula biasanya karena adanya penumpukan debu atau adanya karat sehingga jadi seret.

Baca juga: Apa Perbedaan Rem Karbon dan Rem Baja pada Motor Balap MotoGP?

"Salah satu faktor penyebab yang paling sering terjadi ada pada debu. Debu ini tersangkut atau menempel pada area as dan gir dari kick starter," kata Rendra kepada Kompas.com belum lama ini.

Untuk itu kata Rendra, jika motor masih punya kick starter biasakan menggunakan minimal sekali sehari setiap pagi diengkol supaya bagian-bagiannya tetap bekerja dengan baik.

Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter.

"Untuk perawatannya mudah sekali, walaupun ada electric starter minimal tiap pagi hari selalu gunakan kick starter. Jadi, ada pergerakan di bagian kick starter ini," katanya.

Baca juga: Wahai Pengendara Motor, Begini Trik Lolos dari Begal

Selain itu, jangan lupa juga untuk rajin-rajin mencuci motor agar bersih, terutama setelah terkena hujan.

"Setiap 8.000 KM di AHASS ada paket pembersihan CVT. Paket ini sudah termasuk pelumasan area kick starter menggunakan grease," kata Rendra.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, mengatakan, bila sudah keras, bersihkan bagian penghubung gir dengan memakai kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor).

"Kemudian oleskan gamuk atau grease pada starter pinion dan alur gir agar tidak keras lagi,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.