Kawasaki Menolak Meluncurkan Ninja 250 4-Silinder secara Digital

Kompas.com - 22/04/2020, 08:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memilih memakai cara konvensional untuk meluncurkan ZX-25R alias Ninja 250 4-silinder ketimbang memakai cara virtual atau digital.

Walaupun risikonya ialah peluncurannya bakal molor. Sebab, mau tak mau ketika menghadirkan orang dalam jumlah besar harus menunggu kebijakan pemerintah soal Covid-19 atau virus corona jadi lenggang.

Michael C Tanadhi, Head & Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), mengatakan, lauching virtual juga dirasa kurang efektif jika diterapkan untuk peluncuran perdana Ninja 250 4-silinder.

Baca juga: Begini Suara Ninja 250 4-Silinder di Dyno Test

"Kurang. Kalau beberapa merek lain yang saya lihat itu model facelift, di beberapa mobil yang saya lihat. Tapi kalau ini (ZX-25R) betul-betul new model, pasti orang mau lihat dulu. Kalau cuma facelift mungkin kita akan launching virtual atau digital," katanya kepada Kompas.com, Selasa (21/4/2020).

Kawasaki Ninja 4 SilinderKOMPAS.com / Agung Kurniawan Kawasaki Ninja 4 Silinder

Michael mengatakan, launching virtual untuk ZX-25R akan mubazir sebab pembeli di segmen ini ialah orang-orang spesifik, yang pasti ingin melihat unit bahkan merasakan sebelum membeli.

"Bukan sayang (launching virtual) tapi kita lebih lihat konsumennya, mereka (calon konsumen) pasti tidak puas dengan launching seperti itu, mereka pasti ingin lihat motornya," katanya.

Michael mengatakan, jika pun launching virtual, tapi pada ada saja konsumen yang bakal datang ke diler. Sedangkan dalam situasi sekarang bakal percuma, sebab diler di Jakarta tidak buka akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: Sempat Batal, Kawasaki Susun Rencana Peluncuran Ninja 250 4-Silinder

"Kalau launching virtual gitu tetap saja orang akan berbondong-bondong ke diler, yang mana diler kan juga tidak buka. Kalau lewat online ada beberapa kustomer yang mau lihat unitnya dulu," katanya.

Untuk itu kata Michael, saat ini pihaknya belum bisa memastikan kapan peluncuran ZX-25R bakal dilakukan, semua tergantung pemerintah sampai pandemi ini mereda.

"Kita masih bikin rencana dan fleksibel sesuai kebutuhan. Kita offline memang ada beberapa rencana tapi itu tergantung kebijakan pemerintah. Karena motor ini pasti akan menimbulkan kerumuman massa," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.