Di Rumah Aja, Penting Cek Kondisi Kampas Rem Motor

Kompas.com - 21/04/2020, 10:42 WIB
Salah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018). KompasOtomotif/Alsadad RudiSalah satu motor bebek Honda yang sedang diservis di salah satu bengkel AHASS di Depok, Rabu (16/1/2018).
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah bukan berarti membatasi aktivitas masyarakat sepenuhnya.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya adalah melakukan perawatan ringan sepeda motor.

Perawatan motor tidak selalu harus dilakukan di bengkel, tetapi juga bisa sendiri di rumah sehingga bisa menjadi aktivitas selingan selama PSBB.

Melakukan perawatan di rumah, bisa menjaga kondisi kuda besi yang biasa digunakan untuk aktivitas sehari-hari tetap terjaga.

Baca juga: Ingat Ngebut Saat Jalan Sepi Malah Berpotensi Terjadi Kecelakaan Fatal

Salah satu komponen yang bisa dilakukan perawatan sendiri adalah bagian pengereman. Rem menjadi komponen yang sangat vital pada setiap kendaraan.

Sehingga, kondisinya harus tetap terjaga dan berfungsi secara optimal dalam mengurangi laju kendaraan saat digunakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengerem sepeda motor ada teorinya.mpm-motor.co.id Mengerem sepeda motor ada teorinya.

Untuk melakukan perawatan, bisa sambil mengecek ketebalan kampas rem. Baik, rem cakram atau pun rem tromol bisa dilakukan pengecekan tanpa harus melakukan pembongkaran.

Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng mengatakan, untuk melakukan pengecekan kampas rem bisa dengan dua cara.

“Kalau untuk rem tromol itu bisa dilihat dari jarum rem yang ada pada tromol. Jika jarum sudah sejajar dengan tanda maka sudah saatnya kampas rem diganti,” katanya kepada Kompas.com, Senin (20/4/2020).

Sedangkan untuk rem cakram, Oke menambahkan, bisa diintip ketebalannya. Jika sudah dirasa tipis, sebaiknya segera dilakukan penggantian.

Rem Cakram pada motor Rem Cakram pada motor

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.