Cara agar Tetap Aman dari Maling Selama Mobil Parkir di Luar Rumah

Kompas.com - 20/04/2020, 06:51 WIB
Ilustrasi maling mobil saat parkir di luar rumah https://www.allstate.com/Ilustrasi maling mobil saat parkir di luar rumah
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik mobil yang sampai saat ini belum memliki garasi. Alhasil, terpaksa harus parkir di luar rumah atau bahkan menumpang di parkiran umum.

Kondisi tersebut tentu cukup rawan, apalagi saat ini kembali marak pencurian mobil sejak adanya asimilasi yang diberikan pemerintah untuk sejumlah tahanan untuk menekan penularan virus corona (Covid-19) di dalam tahanan.

Namun, tak perlu khawatir, menurut Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha, masih ada beberapa cara untuk melindungi mobil dari tangan jahil maling meski mobil terpaksa parkir di luar rumah.

Baca juga: Cegah Vapor Lock, Begini Cara Engine Brake pada Mobil Transmisi Matik

ilustrasi parkir mobil pararelhttps://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ ilustrasi parkir mobil pararel

"Pertama, pastikan bila mobil mudah dipantau, setelah itu pastikan immobilizer mobil bekerja dengan baik dan pasang kunci kemudi tambahan yang punya kualitas baik, jangan asal beli yang murah karena mudah rusak juga," kata Riecky kepada Kompas.com, Sabtu (18/4/2020).

Sebab, parkir di luar tanpa atap, Riecky juga menyarankan untuk memasang sarung mobil. Selain sebagai bagian dari perawatan, dengan menutup mobil juga bisa menunda, bahkan membuat maling mikir dua kali untuk melakukan aksinya.

Namun, bila memang tidak memiliki sarung, masih ada cara yang lebih ekstrem lagi dan lumayan ampuh untuk bikin maling males. Namun demikian, pemilik mobil harus sedikit ektra mengeluarkan tenaga.

Ilustrasi kunci setang mobilLazada Ilustrasi kunci setang mobil

Baca juga: Di Rumah Aja, Begini Cara Sederhana Bikin Mobil Dijauhi Maling

Menurut Riecky, bila memang mobil tidak dipakai dalam waktu yang lama, lebih baik pemilik mobil berinisiatif untuk melepaskan satu rodanya. Dengan demikian, maling pun akan langsung balik kanan alias menghindar.

"Dengan ditutup itu kan membuat maling harus ekstra karena harus kerja buka sarungnya mobil dulu, lalu kalau dia lihat ada kunci tambahan di setir juga akan mikir lagi karena pasti butuh waktu yang tidak sebentar untuk bongkar," ucap Riecky.

Pencuri menggondol empat ban mobil Porsche Cayenne GTS milik striker Borussia Dortmund Robert Lewandowski, dan mengganjal mobil itu dengan batu bata. Mobil ini diparkir di rumah Lewandowski di Dortmund, Minggu (9/2/2014) malam.DAILYMAIL Pencuri menggondol empat ban mobil Porsche Cayenne GTS milik striker Borussia Dortmund Robert Lewandowski, dan mengganjal mobil itu dengan batu bata. Mobil ini diparkir di rumah Lewandowski di Dortmund, Minggu (9/2/2014) malam.

"Kalau mau bikin yang lebih segan dan memang mobil tidak akan digunakan dalam waktu lama, bica copot satu ban belakang, lalu ganjal pakai dongkrak. Untuk mobil yang tipe lawas sebelum injeksi, bisa juga cabut pala businya," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X