Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Rumah Aja, Cara Mudah Bikin Motor Dijauhi Maling

Kompas.com - 19/04/2020, 09:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik sepeda motor yang resah jika harus parkir di luar atau bahkan di dalam garasi. Sebab motor merupakan salah satu barang favorit incaran maling.

Meski kini beberapa model sudah memakai fitur keamanan tambahan seperti pengunci magnetis atau bahkan smart key (keyless), tetap tak menjamin motor lolos dari tangan pencuri.

Baca juga: Saat PSBB Diterapkan, Masih Banyak Pengguna Kendaraan yang Tak Pakai Masker

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS Daya Adi Mustika (DAM), mengatakan, sebagai tambahan pengaman bisa memakai kunci tambahan, dua model yang paling mudah ialah ''model U" dan kunci cakram.

Pelaku balap liar dan sepeda motornya diamankan Satlantas Polresta Pekanbaru, Riau, Sabtu (11/4/2020) malam.Dok. Satlantas Polresta Pekanbaru Pelaku balap liar dan sepeda motornya diamankan Satlantas Polresta Pekanbaru, Riau, Sabtu (11/4/2020) malam.

"Pakai pengaman yang model U, ditaruh di sela roda, bisa jari-jari atau pelek palang. Tapi, paling sederhana penggunaannya adalah pengunci cakram," kata Wahyudin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Knalpot Motor Ngelitik Usai Dipakai, Ini Alasannya

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan menambahkan, idealnya motor menggunakan kunci pengaman tambahan, karena bisa menghambat pencuri beraksi.

"Pengaman tambahan bisa menggunakan gembok cakram. Minimal pelaku harus dua kali dalam melakukan tindak kejahatan, yaitu membuka gembok cakram dan membobol kunci kontak," ujar Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com