Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara agar Tetap Aman dari Maling Selama Mobil Parkir di Luar Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pemilik mobil yang sampai saat ini belum memliki garasi. Alhasil, terpaksa harus parkir di luar rumah atau bahkan menumpang di parkiran umum.

Kondisi tersebut tentu cukup rawan, apalagi saat ini kembali marak pencurian mobil sejak adanya asimilasi yang diberikan pemerintah untuk sejumlah tahanan untuk menekan penularan virus corona (Covid-19) di dalam tahanan.

Namun, tak perlu khawatir, menurut Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha, masih ada beberapa cara untuk melindungi mobil dari tangan jahil maling meski mobil terpaksa parkir di luar rumah.

"Pertama, pastikan bila mobil mudah dipantau, setelah itu pastikan immobilizer mobil bekerja dengan baik dan pasang kunci kemudi tambahan yang punya kualitas baik, jangan asal beli yang murah karena mudah rusak juga," kata Riecky kepada Kompas.com, Sabtu (18/4/2020).

Sebab, parkir di luar tanpa atap, Riecky juga menyarankan untuk memasang sarung mobil. Selain sebagai bagian dari perawatan, dengan menutup mobil juga bisa menunda, bahkan membuat maling mikir dua kali untuk melakukan aksinya.

Namun, bila memang tidak memiliki sarung, masih ada cara yang lebih ekstrem lagi dan lumayan ampuh untuk bikin maling males. Namun demikian, pemilik mobil harus sedikit ektra mengeluarkan tenaga.

Menurut Riecky, bila memang mobil tidak dipakai dalam waktu yang lama, lebih baik pemilik mobil berinisiatif untuk melepaskan satu rodanya. Dengan demikian, maling pun akan langsung balik kanan alias menghindar.

"Dengan ditutup itu kan membuat maling harus ekstra karena harus kerja buka sarungnya mobil dulu, lalu kalau dia lihat ada kunci tambahan di setir juga akan mikir lagi karena pasti butuh waktu yang tidak sebentar untuk bongkar," ucap Riecky.

"Kalau mau bikin yang lebih segan dan memang mobil tidak akan digunakan dalam waktu lama, bica copot satu ban belakang, lalu ganjal pakai dongkrak. Untuk mobil yang tipe lawas sebelum injeksi, bisa juga cabut pala businya," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/20/065100815/cara-agar-tetap-aman-dari-maling-selama-mobil-parkir-di-luar-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke