Imbas Pandemi Corona, Dorna Bakal Bantu Gaji Tim Satelit MotoGP

Kompas.com - 05/04/2020, 18:01 WIB
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, kembali ke pitlane pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020. AFP/MOHD RASFANPebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, kembali ke pitlane pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Imbas penyebaran virus corona membuat jadwal penyelenggaraan MotoGP 2020 terkatung-katung. Sehingga berimbas pada pendapat para tim satelit atau tim kecil dengan dana terbatas.

Sesuai janjinya, Dorna Sport akhirnya menawarkan bantuan keuangan kepada semua tim MotoGP independen. Seperti LCR, Pramac, Avintia, Petronas SRT, Tech3 dan Gresini Aprilia, serta tim-tim di Moto2 dan Moto3.

Baca juga: 5 Pebalap Tersukses Honda Sepanjang Masa

Para tim satelit akan mendapat tunjangan dari Dorna Sport. Total biaya yang akan dikucurkan mencapai Rp 160 miliar dan setidaknya bisa untuk membayar tim-tim satelit selama tiga bulan ke depan.

Jack Miller saat naik podium di sirkuit Austin, Texas.Donny Dwisatryo Priyantoro Jack Miller saat naik podium di sirkuit Austin, Texas.

Seri perdana MotoGP seharusnya digelar awal Maret 2020. Tapi akhirnya batal dan hanya melombakan dua kelas yaitu Moto2 dan Moto3.

Penundaan balapan pun terus terjadi di seri-seri berikutnya. Setelah akhirnya seri Jerez ikut ditunda, Dorna belum lagi merilis jadwal balapan, padahal tim-tim harus balapan agar bisa menghasilkan uang dan mengikuti kejuraan.

Baca juga: Lawan Covid-19, PO Sumber Alam Lelang Bus Mulai Rp 250 Juta

Saat ini, ada 11 tim bersaing di MotoGP, terdiri dari lima tim pabrikan dan enam tim satelit. Tim pabrikan terdiri dari Yamaha, Honda, Ducati, Suzuki, dan KTM.

Adapun satelit yakni Petronas SRT Yamaha, Pramac Ducati, Avintia Ducati, Tech3 dan Gresini Aprilia. Aprilia memang pengecualian, sebab walaupun tim pabrikan tapi ikut dalam pengembangan Gresini sejak 2015.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X