5 Pebalap Tersukses Honda Sepanjang Masa

Kompas.com - 05/04/2020, 10:02 WIB
Pebalap legendaris Mick Doohan. (Photo by FRANCIS SILVAN / AFP) FRANCIS SILVANPebalap legendaris Mick Doohan. (Photo by FRANCIS SILVAN / AFP)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai tim pabrikan paling sukses di ajang balap MotoGP, Honda memiliki banyak pebalap superstar atau nama-nama besar selama beberapa dekade.

Masuk dalan skuad tim pabrikan Honda bukan hal mudah. Mereka yang pernah mengisi tim pabrikan terbukti sukses di kancah balap, dan banyak yang berhasil meraih gelar juara dunia.

Baca juga: Imbas Corona, Penjualan Mobil Honda Turun 11 Persen

Meski pebalap yang masuk skuad pabrikan dipastikan pebalap terbaik, tapi angka tidak pernah bohong. Untuk itu, berikut lima pebalap Honda terbaik sepanjang masa, berdasarkan gelar juara.

Marc Marquez perpanjang kontrak dengan Honda hingga akhir 2024. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Marc Marquez perpanjang kontrak dengan Honda hingga akhir 2024. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

1. Marc Marquez

Nama besar Marquez merupakan jaminan Repsol Honda bisa tak terkalahkan beberapa musim ini. Tahun lalu Marquez mendominasi hampir seluruh balapan, dan menjadi juara dunia dengan sisa seri masih banyak.

Rekor Marquez sulit ditandingi. Dia bergabung bersama Respol Honda pada 2013, dan semenjak itu berhasil meraih 6 gelar juara dunia MotoGP, dengan total kemenangan 56 seri dan 127 kali balapan.

Tidak diragukan bahwa rekornya bakal terus melesat. Honda dan Marquez adalah ramuan ajaib. Apalagi dia baru saja memperpanjang kontrak dengan tim selama empat tahun.

Mick Doohan KOMPAS.com/Gilang Mick Doohan

2. Mick Doohan

Pebalap era 90'an yang sangat berjaya di masanya. Doohan merupakan legenda hidup MotoGP era 500cc. Raihannya bersama Honda yaitu lima kali juara dunia, 54 kemenangan dan 137 balapan.

Doohan bergabung dengan Honda pada 1989. Pada 1991 dia berhasil menjadi runner up di belakang Wayne Rainey, sang bintang Yamaha.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X