Wuling Mulai Setop Produksi untuk Sementara karena Corona

Kompas.com - 05/04/2020, 14:12 WIB
Pekerja menyelesaikan perakitan mobil wuling di Pabrik Wuling Motors, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Pabrik seluas 60 hektar yang terdiri dari pabrik manufaktur dan supplier park mampu memproduksi 120.000 unit kendaraan pertahun. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOPekerja menyelesaikan perakitan mobil wuling di Pabrik Wuling Motors, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Pabrik seluas 60 hektar yang terdiri dari pabrik manufaktur dan supplier park mampu memproduksi 120.000 unit kendaraan pertahun.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meluasnya pendemi corona ( Covid-19) di Indonesia, membuat beberapa pabrikan mobil akhirnya memilih untuk menahan laju produksinya. Mulai melakukan penghentian produksi sementara, sampai memangkas shift kerja.

Setelah Honda Prospect Motor (HPM), Astra Daihatsu Motor (ADM), dan Suzuki Indomobil Sales (SIS), kini giliran Wuling Motors Indonesia yang mengambil langkah untuk menghentikan sementara kegiatan produksi di pabriknya.

"Dalam rangka mencegah penyebaran corona, Wuling Motors memutuskan untuk menghentikan sementara aktivitas produksi di fasilitas pabrik yang ada di Cikarang, Jawa Barat," kata Media Relation Wuling Motors Indonesia Brian Gomgom, dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Minggu (5/4/2020).

Baca juga: Transformasi Nissan GT-R, dari Sedan Mewah Jadi Mobil Sport Buas

Lebih lanjut Gomgom menjelaskan, bila penghentian sementara produksi dilakukan sejalan dengan anjuran pemerintah, yakni untuk menetapkan physical distancing dan tetap berada di rumah.

Salah satu unit mobil yang sudah mencapai tahap akhir proses produksi di pabrik Wuling Motor Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.Wuling Motor Indonesia Salah satu unit mobil yang sudah mencapai tahap akhir proses produksi di pabrik Wuling Motor Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Penghentian produksi akan dilakukan mulai 6 sampai 19 April 2020. Walau demikian, Gomgom menjelaskan bila hal tersebut tak mempengaruhi Wuling untuk memenuhi kebutuhan konsumen seperti halnya pengiriman unit.

"Meski pabrik berhenti sementara, tapi kesapan stok di diler masih mencukupi. Pengiriman unit ke diler tetap berjalan normal sesuai dengan kebutuhan masing-masing diler," ujar Gomgom.

Baca juga: Hentikan Produksi, Honda Pastikan Pasokan Unit Masih Terkendali

Sedangkan selama masa penghentian sementara, Wuling menjamin bila karyawan akan tetap mendapatkan haknya, yakni gaji pekerja.

Pekerja menyelesaikan perakitan mobil wuling di Pabrik Wuling Motors, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Pabrik seluas 60 hektar yang terdiri dari pabrik manufaktur dan supplier park mampu memproduksi 120.000 unit kendaraan pertahun.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pekerja menyelesaikan perakitan mobil wuling di Pabrik Wuling Motors, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018). Pabrik seluas 60 hektar yang terdiri dari pabrik manufaktur dan supplier park mampu memproduksi 120.000 unit kendaraan pertahun.

Pabrik Wuling di Cikarang sendiri diketahui memproduksi empat model, mulai dari Cortez, Confero, Formo, dan Almaz. Selain untuk memenuhi pasar domestik, produksi juga dilakukan untuk kebutuhan ekspor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X