Kenapa Lampu Kabin Mobil Harus Mati saat Berkendara Malam Hari?

Kompas.com - 05/04/2020, 17:41 WIB
Lampu pada kabin mobil KOMPAS.com/Aprida Mega NandaLampu pada kabin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem penerangan pada mobil tidak hanya terdapat pada pada bagian luar, namun juga tersemat pada bagian kabin. Biasanya lampu kabin terletak pada plafon kabin pengemudi dan penumpang tengah.

Lampu kabin sering digunakan untuk menerangi interior mobil untuk memudahkan pengemudi mencari barang, seperti ketika berada di tempat parkir atau basement yang minim cahaya.

Lampu kabin juga bisa digunakan sebagai indikator penanda jika ada pintu mobil yang belum tertutup rapat.

Baca juga: Benarkah Wanita Lebih Butuh GPS Ketimbang Pria Saat Mengemudi?

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant, Sony Susmana, lampu pada kabin mobil sebaiknya tidak dinyalakan saat berkendara pada malam hari demi keselamatan si pengemudi.

Ilustrasi berkendara di bulan puasaAFP PHOTO/FAYEZ NURELDINE Ilustrasi berkendara di bulan puasa

“Pada malam hari keadaan di luar mobil lebih gelap, kemampuan pengelihatan keluar dapat terganggu karena adanya pantulan cahaya dari dalam mobil,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (04/04/2020).

Baca juga: Siapa yang Harus Mengalah Saat di Jalan, Pemotor atau Pengemudi Mobil?

Selain itu, membiarkan lampu pada kabin mobil tetap redup juga sebagai tindakan preventif agar terhindar dari kejahatan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bila dinyalakan semua yg didalam kabin akan terlihat dari luar, sehingga dapat mengundang kejahatan. Hal ini juga berlaku bagi lebih baik tidak menggunakan handphone di malam hari di dalam mobil, karena orang diluar dapat melihat situasi dalam mobil,” ujar Sony.

Sony melanjutkan, Lampu kabin yang dibiarkan nyala sepanjang perjalanan juga akan berpengaruh pada kinerja aki menjadi cepat aus, walapun hal tersebut akan terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Untuk itu, sebaiknya jangan lupa mematikan lampu kabin mobil sebelum berkendara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X