Lawan Covid-19, PO Sumber Alam Lelang Bus Mulai Rp 250 Juta

Kompas.com - 05/04/2020, 11:21 WIB
Bus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan corona Sumber AlamBus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan corona
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya artis yang rela melelang mobil untuk melakukan donasi dalam menghadapi pandemi corona ( Covid-19) di Indonesia, Perusahan Otobus (PO) juga melakukan hal yang sama.

Salah satunya seperti yang dilakukan PO Sumber Alam dengan melelang satu unit bus Golden Dragon buatan 2012. Bus ini dilelang dengan harga bukaan yang cukup menarik, yakni Rp 250 juta, atau seharga Mitsubishi Xpander Exceed.

Pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali yang juga pengurus Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) mengatakan, lelang tersebut ditujukan untuk berdonasi dalam penanganan wabah corona.

Baca juga: Mengapa Atap Bus Ada Tonjolan?

"Start awal Rp 250 juta, kalau laku Rp 250 juta setengahnya untuk donasi penanganan Covid-19, kalau lebih dari Rp 250 juta, lebihnya itu kita sumbangkan. Kami hanya ambil setengahnya saja," ucap Anthony kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Bus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan coronaSumber Alam Bus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan corona

Sekadar informasi, bus Sumber Alam yang akan dilelang merupakan rakitan karosesi Laksana dengan Type SR1 dan dibangun menggunakan Chassis Golden Dragon asal China yang sudah dilengkapi dengan Air Suspension.

Lebih lanjut Anthony mengatakan, latar belakang lelang yang dilakukan sebenarnya tak hanya karena ingin melakukan donasi, namun ada kebutuhan untuk memenuhi pemasukan di tengah di masa yang sedang sulit ini. Terutama bagi para pekerjanya.

Untuk unit Golden Dragon yang akan dilelang, Anthony menjamin bila semua urusan teknis berjalan dengan baik dan terawat. Bahkan bus diklaim masih layak untuk beroperasi dengan status tertib pajak dan suspensi udara yang masih aktif.

Baca juga: Nissan GT-R Kecelakaan di Tol Jagorawi, Jalan Lengang Jangan Ngebut

Proses lelang akan ditutup pada Senin (6/4/2020) pukul 17.00 WIB. Penawaran tertinggi pun akan selaku diumumkan tiap 3 jam di kolom komentara pada akun @omsecond.id.

Bus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan coronaSumber Alam Bus Sumber Alam Golden Dragon dilelang untuk lawan corona

"Berangkatnya itu karena kami ingi donasi, kami mikir yang kami punya hanya bus, jadi sekaligus untuk mengurangi unit juga. Tak kalah penting kami juga butuh jaring pengaman bagi karyawan, istilahnya kita butuh cash flow," kata Anthony.

Menurut Anthony, dampak corona memang sangat menggangu semua sektor. Pada usaha transportasinya sendiri sangat signifikan mengalami penurunan, apalagi menjelang Lebaran nanti.

Penyaluran donasi menurut Anthony akan dilakukan melalui situs donasi kitabisa setelah proses serah terima pembelian lelang diterima.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X