Transformasi Nissan GT-R, dari Sedan Mewah Jadi Mobil Sport Buas

Kompas.com - 05/04/2020, 08:42 WIB
Nissan GT-R R35 IstimewaNissan GT-R R35

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Jaksa Agung RI Arminsyah meninggal dunia dalam insiden kecelakaan lalu lintas tunggal di Tol Jagorawi KM 13 pada Sabtu (4/4/2020).

Dalam laporannya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menyebut bahwa peristiwa naas yang berlangsung sangat cepat itu terjadi pada pukul 14.24 WIB.

Korban mengendarai Nissan GT-R R35 dari arah selatan di jalur cepat. "Kemudian mobil menabrak pembatas jalan dan seketika mobil terbakar," ujar dia.

Baca juga: Mengemudikan Nissan GT-R R35 Butuh Kemampuan Khusus

Nissan GT-R kecelakaan di jalan Tol JagorawiIstimewa Nissan GT-R kecelakaan di jalan Tol Jagorawi

Meski belum diungkapkan secara detail kronologisnya, mobil yang dikenakan korban terkenal dengan kekuatan yang buas. Bahkan, Nissan GT-R jadi salah satu mobil legenda di antara para pecinta sportcar.

Namun jika melihat riwayat dari kendaraan tersebut, ada fakta menarik. Identitas Nissan GT-R sebelum menjelma jadi "Godzilla", yakni sedan mewah. Saat itu, namanya adalah Nissan Skyline.

Prince Skyline GT-BKOMPAS.com/Ruly Prince Skyline GT-B

Prince Skyline GT-B (1965)

Generasi pertama dari Nissan Skyline muncul pada 1965 di bawah naungan Prince Motor Company. Dinamakan Prince Skyline GT-B, mobil merupakan varian performa tinggi dari Prince Skyline yang kali pertama dikenalkan di tahun 1957.

Dibekali mesin berkapasitas 1.988 cc 6 silinder, mobil mampu menghembuskan tenaga maksimum sebesar 125 dk dengan torsi puncak 167 Nm.

Berbeda jauh jika membandingkan dengan varian standarnya yang dibekali mesin 1.500 cc 4 silinder. Prince Skyline Deluxe hanya mampu menghasilkan tenaga maksimum 60 dk.

Prince Skyline GT-B bisa disebut sebagai pembuka jalan reputasi Nissan GT-R di lintasan balap.

Baca juga: Tenaga Nissan GT-R R35 Buas, Bisa Tembus 315 kpj

Skyline 2000GT-RIstimewa Skyline 2000GT-R

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X