AISI: Penjualan Sepeda Motor Anjlok 30 Persen Tahun Ini

Kompas.com - 05/04/2020, 10:34 WIB
Ekspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak. ISTIMEWAEkspor motor Honda di kuartal pertama 2018 melonjak.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia ( AISI) tak menampik bahwa pandemik virus corona alias Covid-19, akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan kendaraan roda dua nasional tahun ini.

Berdasarkan perhitungan sementara dari angota, penurunan yang terjadi berkisar di antara 25 persen sampai 30 persen.

Hal ini dapat berubah sesuai dengan kondisi pasar, sebagaimana dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) AISI Hari Budianto.

"Menurut perhitungan pengurus saat ini, diproyeksikan bahwa sampai akhir tahun kira-kira pasar domestik akan terkoreksi 25-30 persen dibanding tahun sebelumnya," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Baca juga: Pabrik Motor Indonesia Siap Bantu Produksi Ventilator untuk Pasien Corona

Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.Youtube-Yamaha Motor Official Channel Proses perakitan dan kontrol kualitas sama dengan pabrik Yamaha di Iwata, Jepang.

Hari juga menyatakan, saat ini pasar sepeda motor mulai mengalami gejolak seiring dengan menurunnya daya beli masyarakat pada kebutuhan sekunder dan tersier.

"Penjualan Januari-Februari 2020 itu ada sedikit penurunan karena faktor awal tahun, yakni sekitar 8 persen. Kemudian, pada Maret 2020 gejolaknya semakin terasa sejak pernyataan virus corona pertama kali dimunculkan oleh pemerintah," ucapnya.

"Kita sebenarnya tidak fokus ke sana (penjualan), tapi bagaimana antisipasi penyelesaian pandemi ini. Namun karena kebutuhan pemerintah, kita lakukan rekap data dan berhitung," lanjut Hari.

Baca juga: Ada Virus Corona, Penjualan Motor Bekas Anjlok

Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Sukses Motor, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (31/1/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan motor bekas yang dijual di diler mokas Sukses Motor, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (31/1/2018).

Meski belum bisa mengatakan angka detail performa hingga triwulan pertama 2020, Hari masih optimis bahwa asosiasi bisa memberi kontribusi positif terhadap negeri.

"Cukup sulit sebenarnya untuk berbicara pasti tentang pasar, tapi kami harap pandemi cepat berlalu. Kami pun bersedia untuk support bila diminta pemerintah, sesuai kapasitas kami," ujar dia.

Untuk diketahui, pada awal tahun lalu AISI yang terdiri dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS, menargetkan penjualan 2020 sama dengan pencapaian tahun sebelumnya, yaitu 6,4 juta unit.

Sementara untuk performa ekspor, tahun ini asosiasi menargetkan mampu mencapai 1 juta unit atau naik sekitar 200.000 unit dibanding pencapaian tahun lalu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X