Catat, Begini Tahapan Membuka Ban Mobil yang Benar

Kompas.com - 04/04/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban. afroautos.comIlustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mengganti ban mobil, masih banyak yang belum paham bagaimana tata cara benar saat akan melepas ban dari tempatnya.

Hal ini terlihat dari cara pengoperasian dongkrak mobil saat akan mengangkat bagian kendaraan roda empat itu ketika melepas ban.

Tidak sedikit pemilik mobil yang langsung mengoperasikan dongkrak hingga ban yang akan diganti terangkat atau tidak lagi menapak pada lantai atau jalan.

Baca juga: Tidak Perlu ke Samsat, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online

Padahal, cara tersebut akan lebih menyulitkan saat proses penggantian ban dilakukan. Hal ini disebabkan, saat baut pelek belum dikendurkan sementara ban sudah terangkat maka akan susah untuk melepas ban.

Otomatis roda akan ikut berputar saat baut pelek dikendurkan, sehingga mempersulit proses pelepasan ban yang akan diganti. 

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, untuk mencopot roda jangan langsung mendongkrak mobil.

Proses penggantian ban.Febri Ardani/KompasOtomotif Proses penggantian ban.

“Tetapi saat ban masih dalam posisi menapak di jalan, kendurkan dulu bautnya tapi jangan sampai terlepas,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Baru setelah itu, Suparna melanjutkan, bisa menggunakan dongkrak untuk mengangkat ban sampai tidak lagi menapak pada aspal.

Setelah ban terangkat, baut yang sebelumnya sudah dikendurkan bisa dilanjutkan sampai baut-baut bingkai roda terlepas.

“Kalau baut belum dikendurkan tetapi sudah didongkrak akan susah melepasnya, meskipun ada yang mengatakan bisa ditahan menggunakan rem tetapi itu justru bisa merusak komponen rem,” ucapnya.

Baca juga: Cara Aman Ganti Ban Mobil Sendiri untuk Wanita

Sementara, jika kondisi ban masih menapak saat mengendurkan baut gading-gading roda yang menahan adalah beban kendaraan dan bukan remnya.

Salah satu permainan menarik yang ada di Jambore Toyota, mengganti ban.Agung Kurniawan Salah satu permainan menarik yang ada di Jambore Toyota, mengganti ban.

“Seharusnya yang nahan putaran roda saat baut dikendurkan itu beban kendaraan dan bukan ditahan menggunakan rem, sehingga sistem pengereman tidak mudah rusak,” kata Suparna.

Suparna juga mengingatkan, agar saat melakukan pencopotan atau pun pemasangan bau pelek dilakukan dengan cara menyilang.

Baca juga: Mobil Parkir di Atas Rel Kereta Langsung Diderek dan Denda Rp 250.000

“Baik saat melepas maupun memasang baut pelek itu sebaiknya menyilang, misalkan dari bawah menyilang ke bagian atas atau sebaliknya yang penting diagonal,” ujarnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X