Angkot Mikrotrans Sementara Setop Operasi

Kompas.com - 03/04/2020, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comMikrotrans merupakan moda transportasi umum yang bertugas sebagai pengumpan untuk Transjakarta. Memiliki trayek yang beragam, membuat Mikrotrans lebih dekat dengan masyarakat.

Tarif yang ditawarkan dari Mikrotrans yaitu Rp 0, atau gratis, tetapi penumpang wajib menggunakan kartu Jak Lingko. Kalau penumpang tidak memilikinya, tidak diperbolehkan untuk naik.

Beberapa transportasi umum di Jakarta mulai mengurangi ataupun menghentikan sementara pengoperasiannya.

Penghentian operasi transportasi ini sebagai upaya mengurangi penyebaran virus corona. Hal ini berlaku pada Mikrotrans Jak Lingko yang sedang menghentikan operasionalnya.

Baca juga: Daftar Skenario Penutupan Akses Jalan Jabodetabek Bila PSBB Berlaku

Calon penumpang berjalan di dekat bus Metrotrans saat uji coba integrasi dengan Kereta Bandara pada hari pertama di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Kamis (28/12/2017). Integrasi Metrotrans dengan Kereta Bandara itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.  ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Calon penumpang berjalan di dekat bus Metrotrans saat uji coba integrasi dengan Kereta Bandara pada hari pertama di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Kamis (28/12/2017). Integrasi Metrotrans dengan Kereta Bandara itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta, Shafruhan, mengatakan kalau saat ini untuk sementara pengoperasian Mikrotrans sedang berhenti.

“Saat ini Mikrotrans sedang tidak beroperasi, untuk semua yang tergabung dengan Jak Lingko sementara diam di pangkalan. Sudah tidak beroperasi sejak dua minggu lalu,” ucap Shafruhan kepada Kompas.com, Kamis (3/4/2020).

Baca juga: Daftar Harga Mobil Eks Taksi, Mulai Rp 60 Jutaan Bisa Dapat Sedan

Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah armada angkutan. Walaupun Mikrotrans berhenti beroperasi, untuk angkot reguler tetap beroperasi seperti biasanya. Selain itu, Metrotrans dan Transjakarta tetap beroperasi.

“Hanya Mikrotrans saja yang berhenti, Metrotrans dan Transjakarta tetap ada,” kata Shafruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.