Perlu atau Tidak Pakai Masker Saat Mengemudikan Mobil?

Kompas.com - 03/04/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi mengemudi. SHUTTERSTOCKIlustrasi mengemudi.
Penulis Ari Purnomo
|

 


SOLO, KOMPAS.comc
- Dalam kondisi pandemi virus corona seperti saat ini, menjaga diri agar terhindar dari penyebaran covid-19 perlu dilakukan di manapun keberadaanya.

Kondisi itu baik saat melakukan aktivitas sehari-hari di lingkungan rumah, maupun ketika berkendara naik sepeda motor dan juga mobil.

Salah satu perangkat yang disarankan untuk digunakan selama beraktivitas adalah masker. Tetapi, bagi yang tidak sakit, masker berbahan kain atau yang tidak sekali pakai dirasa sudah cukup untuk menghindari terjadinya kontak droplet.

Tetapi, perlukah seseorang menggunakan masker saat mengemudikan mobil? Dokter umum di Solo, Sumartono Kardjo mengatakan, menggunakan masker salah satu cara untuk mencegah virus corona.

Baca juga: Restorasi Yamaha 125Z Habiskan Lebih dari Rp 50 juta

Ani Rahayu, Mitra Grab menjelaskan fungsi layar dan tombol yang ada di Hyundai IONIQ EVKaina Harini Ani Rahayu, Mitra Grab menjelaskan fungsi layar dan tombol yang ada di Hyundai IONIQ EV

Meski begitu, dengan menggunakan masker bisa mencegah terjadinya kontak droplet, yakni percikan. Sehingga, bisa mencegah penyebaran virus mematikan itu.

Masker hanya membatasi kontak droplet tapi tidak melindungi dari virusnya. Kalau pengendara mobil menggunakan masker lebih bagus,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Selain menggunakan masker, mantan Direktur RSUD Ngipang, Solo ini juga mengatakan, menggunakan sarung tangan saat berkendara menggunakan mobil juga baik untuk mencegah penyebaran virus.

Baca juga: Catat, Ini Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil

Tetapi, yang lebih penting menurutnya adalah tetap menjaga kebersihan setiap benda yang sering dipegang termasuk komponen kendaraan.

Ilustrasi disinfektanshutterstock Ilustrasi disinfektan

Untuk itu, setelah selesai atau sebelum melakukan aktivitas menggunakan kendaraan, Sumartono menyarankan agar membersihkan kembali benda-benda tersebut.

Salah satunya dengan menyemprotkan cairan disinfektan yang menggunakan bahan aman untuk kendaraan.

“Selesai aktivitas usahakan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang benda lain di rumah. Dan juga bersihkan bagian kendaraan atau benda mati dengan menyemprotkan disinfektan,” ujarnya.

Baca juga: Alasan Scorpio 2002 Banyak Diburu dan Harganya Paling Mahal

Hal ini perlu dilakukan mengingat penyebaran virus corona tidak bisa terdeteksi. Sehingga, jangan sampai muncul pikiran bahwa benda-benda yang sering digunakan akan aman dari virus covid-19.

“Menjaga kebersihan terutama tangan dengan mencuci sebelum menyentuh benda lain. Jangan percaya kalau setir itu itu bersih. Jadi setiap selesai aktivitas upayakan cuci tangan,” ucapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X