Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Stop Jualan BR-V di India

Kompas.com - 03/04/2020, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai April 2020, pemerintah India menetapkan standar emisi yang lebih ketat dari sebelumnya. Bharat Stage (BS)-VI atau setara Euro VI, menjadi standar emisi baru bagi mobil keluaran baru.

Dengan aturan tersebut, pabrikan harus mengeluarkan investasi baru untuk merevisi fasilitas pabrik, termasuk komponen utama mobil, mesin.

Tak sedikit merek otomotif yang memilih untuk menghentikan penjualan produk yang sudah tidak sesuai dengan standar BS-VI, seperti salah satunya Honda yang stop jualan BR-V.

Baca juga: Kisaran Harga MPV Murah Bekas April 2020, Mulai Rp 85 Jutaan

Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.kompas.com Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.

Dilansir dari Indian Autos Blog, Honda terpaksa melakukan hal tersebut lantaran perusahaan tidak akan mengembangkan mesin baru berstandar BS-VI.

Artinya, BR-V jadi mobil yang punya usia singkat di India sekitar 4 tahun saja. Sebab sejak meluncur pada 2016, penjualan Low SUV ini nyatanya memang tidak begitu sukses.

Untuk diketahui, BR-V hanya terjual sebanyak 2.857 unit pada 2019. Angka ini menurun drastis jika dibandingkan tahun 2018, yang mencapai 7.140 unit.

Baca juga: Motor Trail Bekas Mana yang Paling Laris, KLX 150 atau CRF150?

Honda BR-V saat menelusuri sejumlah sentra batik dalam acara Merapah 5 Warisan Budaya Batik.kompas.com Honda BR-V saat menelusuri sejumlah sentra batik dalam acara Merapah 5 Warisan Budaya Batik.

Di India, BR-V dibekal dua pilihan mesin. Yaitu mesin bensin 1.500 cc i-VTEC dan mesin diesel 1.500 cc i-DTEC.

Mesin bensinnya sama dengan BR-V yang ada di Indonesia, tenaganya berkisar 118 dk dan torsi 145 Nm, serta dibekali dengan pilihan transmisi otomatis CVT dan manual 6-percepatan.

Sementara mesin diesel BRV memiliki tenaga 98 dk dan torsi maksimal 200 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke dua roda depan menggunakan transmisi manual 6-percepatan.

Baca juga: Ternyata Tren Keliling Jakarta, Di Mobil Aja Ada Positifnya

Honda BR-V saat memasuki kawasan pantai di daerah Rembang, Jawa Tengahkompas.com Honda BR-V saat memasuki kawasan pantai di daerah Rembang, Jawa Tengah

BR-V di India ditawarkan dalam pilihan varian E, S, V, V CVT, dan VX yang dibanderol mulai INR 9,52.900 atau setara Rp 207 jutaan.

Sedangkan di Indonesia, penjualan BR-V pada tahun lalu ternyata masih lebih tinggi dibandingkan India.

Secara retail pada sepanjang 2019, penjualan BR-V berhasil meraih 6.206 unit. Sementara pada Januari-Februari 2020 mencatat 828 unit.

Urusan harga, BR-V ditawarkan dalam empat varian dengan banderol mulai Rp 248,9 juta (tipe S M/T) sampai Rp 291,3 juta (tipe Prestige).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com